"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Rabu, 08 Oktober 2014

Pelantikan Sekda Taput di Lapangan Merdeka Garoga

Selasa 7 Oktober 2014, Bupati Taput Drs. Nikson Nababan melakukan pelantikan dan pengambilan janji Sekda Taput dan tiga pejabat eselon II lainnya.

Berbeda dari  kebiasaan sebelumnya, mungkin untuk pertama sekali dalam sejarah birokrasi pelantikan dan pengambilan janji Pejabat Eselon II dilakukan di lapangan terbuka dan disaksikan oleh masyarakat pada umumnya.  Adalah Bupati Taput Drs. Nikson Nababan melakukan perubahan mendasar yakni melantik Pejabat Sekretaris Daerah Taput dan tiga orang pejabat eselon II lainnya di lingkungan Pemkab Taput di lapangan Merdeka Kecamatan Garoga, bukan di kota Tarutung ibukota Kabupaten Taput.

Drs. Nikson Nababan menyebut, pelantikan di Garoga ini bukan dimaksudkan untuk tujuan politik tertentu ataupun maksud lain, namun inilah nuansa baru agar ke depan pelantikan pejabat struktural di lingkungan Pemkab Taput dilaksanakan di kecamatan dengan tujuan agar semua masyarakat dapat mengetahui dan menyaksikan langsung siapa saja yang dilantik dan sebagai apa jabatan yang bersangkutan.

Untuk menemukan calon pejabat struktural maupun fungsional di lingkungan Pemkab Taput yang memiliki kompetensi dibidangnya sehingga terwujud the right man on the right place, kepada para PNS telah dan akan dilakukan fit and proper test dan untuk pertama sekali telah dilakukan kepada calon pejabat struktural di lingkungan Dinas Kesehatan, pejabat Kepala Sekolah dan Pengawas pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan, Calon Direktur RSU Swadana Daerah Tarutung, dan 8 Oktober 2014 kepada calon Camat.

Sementara untuk pejabat struktural maupun fungsional yang belum mengikuti seleksi tahun ini akan dilakukan pada tahun mendatang, tegas Bupati.

Bupati Drs. Nikson Nababan dalam pengarahan kepada Pejabat Sekda meminta dengan tegas agar dalam melaksanakan tugas berpegang dan mempedomani Perbup Taput Nomor 25 Tahun 2008, dimana tugas utama Sekda adalah membantu pimpinan dalam merumuskan dan menetapkan garis-garis kebijakan, yang akan ditempuh dalam menjalankan roda pemerintahan, sehingga terbuka jaringan hubungan ke seluruh lini yaitu menyampaikan laporan ke atas, melakukan koordinasi ke samping dan memberikan petunjuk kepada bawahan baik secara struktural maupun fungsional.

Sementara kepada tiga pejabat eselon II lainnya, Bupati Drs. Nikson Nababan menyampaikan bahwa jabatan yang dipercayakan selain dalam rangka pengisian struktur organisasi juga merupakan amanah dan kepercayaan pemerintah yang harus diemban dan dilaksanakan sebagai kewajiban dan kebutuhan pelayanan.

Ada tiga hal yang disampaikan oleh Bupati kepada pejabat baru dalam pelaksanaan tugas, yaitu :

  1. Selaku pimpinan pusat sekretariat harus menggerakkan dan memanfaatkan segenap potensi yang tersedia melalui pemberian motivasi dan petunjuk yang jelas;
  2. Bina kerjasama yang baik antar dan inter perangkat daerah maupun segenap komponen pemerintahan dan kemasyarakatan;
  3. Lakukan tugas-tugas dengan kreatif dan inovatif dengan memberikan contoh serta tauladan terhadap bawahan, sehingga menjadi cermin terhadap setiap komponen untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih baik.
Adapun pejabat yang diambil janji dan dilantik adalah :

  1. Edward Ramses Tampubolon, S.E. menjadi Sekda Taput, sebelumnya Asisten Adm dan Umum Setdakab Taput;
  2. Osmar Silalahi, S.E. menjadi Asisten Adm dan Umum Setdakab Taput, sebelumnya Kepala Bappeda Taput;
  3. Drs. Indra Sahat Hottua Simaremare, M.Si menjadi Kepala Bappeda Taput, sebelumnya Kabid Lalu Lintas dan Angkutan pada Dishubkominfo Taput;
  4. Baginda, S.E. menjadi Kepala Dinas Cipta Karya dan Perumahan Taput, sebelumnya Staf Bapemmas dan Pemdes Taput.
Pimpinan Sementara DPRD Taput Ottoniyer Simanjuntak dalam sambutan menyatakan kepercayaan sepenuhnya kepada Bupati yang telah melakukan rekrutmen kepada calon Sekda dan pejabat lainnya, yang walaupun itu dengan mendatangkan calon pejabat dari daerah lainnya, dipercayai bahwa yang bersangkutan dianggap mampu untuk membangun Taput.


Photo liputan :

Tidak ada komentar: