"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 25 Oktober 2013

Hari Jadi Ke-68 Kabupaten Tapanuli Utara

Bupati Torang Lumbantobing
Jumat 25 Oktober 2013, Bupati Tapanuli Utara pimpin upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Utara di lapangan Serbaguna Tarutung.

Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Utara adalah tanggal 5 Oktober, namun tahun 2013 ini diundurkan peringatannya menjadi 25 Oktober 2013 dengan mengusung thema “Bersama Membangun Bona Pasogit Tapanuli Utara” disebabkan penyelenggaraan Pemilukada Kabupaten Tapanuli Utara yang dilangsungkan pada 10 Oktober 2013 yang lalu.

Diawal pidato Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing menegaskan pentingnya memperingati Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Utara setiap tahunnya, mempunyai makna bahwa dengan memahami sejarah maka akan menanamkan etos perjuangan bagi generasi-generasi berikutnya, mengingat perjuangan yang dilakukan adalah untuk mencapai masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara yang maju, sejahtera dan bermartabat.

Masih dalam pidato, Bupati mengajak segenap masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara harus mampu menggugah nilai kebersamaan didalam menyelesaikan berbagai persoalan dan menghadapi tantangan-tantangan dalam membangun Kabupaten Tapanuli Utara.  Bupati mengingatkan bahwa kita musti bangga sebagai masyarakat Tapanuli Utara yang mengerti akan pentingnya nilai-nilai budaya dan adat istiadat, ilmu pengetahuan dan juga agama.  Budaya dan adat istiadat dapat membuat masyarakat menjadi arif bijaksana, ilmu pengetahuan membuat kita menjadi tidak lumpuh dan agama membuat kita tahu akan moral.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, bahwa selama tahun 2012-2013 prioritas pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara meliputi :
  1. Meningkatkan infrastruktur perdesaan, sentra-sentra produksi, pengelolaan energy dan sinkronisasi tata ruang;
  2. Merevitalisasi pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan memeliahra ketahanan pangan;
  3. Meningkatkan akses, kualitas dan kuantitas pendidikan dan kesehatan;
  4. Pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya petani, pelaku ekonomi eusaha mikro dan koperasi serta penanggulangan kemiskinan;
  5. Memperhatikan pengelolaan SDA dan lingkungan hidup secara berkelanjutan;
  6. Meningkatkan iklim investasi;
  7. Melaksanakan kerjasama lintas wilayah;
  8. Mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan melalui gotong royong.
Dipenghujung pidato, Bupati Torang Lumbantobing menyebut bahwa Hari Jadi Ke-68 merupakan hari istimewa bagi diri karena merupakan yang terakhir dirayakan selaku Bupati Tapanuli Utara .

Setelah upacara, ditempat yang sama dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada Camat Terbaik se-Tapanuli Utara, masing-masing kepada Camat Adiankoting, Camat Pangaribuan, dan Camat Siatas Barita.  Juga diisi dengan pagelaran tortor para siswa dari berbagai sekolah.

Upacara ini selain dihadiri Bupati/Unsur Muspida, juga diikuti oleh TP PKK, Anggota Veteran, PNS, dan masyarakat umumnya.

Unduh Pidato Bupati Tapanuli Utara

Photo liputan :

Tidak ada komentar: