"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Kamis, 11 September 2014

Pemkab Tapanuli Utara lakukan uji kelayakan Kapal motor di Muara

Kamis 11 September 2014 Pemkab Tapanuli Utara melalui DishubKominfo melakukan pengujian kelayakan kepada motor penyebrangan Danau Toba di Muara.

Kepala Dinas Hubkominfo Tapanuli Utara, Rudy Sitorus, S.Sos di lokasi pengujian di dermaga Muara kepada media ini menyatakan, bahwa pengujian dilakukan secara rutin setiap tahun, guna memastikan kelayakan operasi kapal motor di Danau Toba, baik kapal pengangkut barang maupun pengangkut penumpang.

Selain pengujian rutin, sekaligus dimaksudkan memastikan ketersediaan kapal penumpang dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan Festival Danau Toba 2014 yang diselenggarakan di Kab.Toba Samosir, kata Rudy Sitorus, S.Sos.

Masih menurut Rudy Sitorus, S.Sos bahwa Pemkab Tapanuli Utara belum memiliki personil terlatih atau terampil untuk melakukan pengujian kapal, karenanya digandeng tenaga terampil dari Dishub Propinsi Sumatra Utara.

Dari hasil pengujian yang dilakukan tim penguji bahwa kondisi kapal yang berlayar di perairan Danau Toba khususnya di Kecamatan Muara masih layak berlayar, namun dengan catatan penting yang harus menjadi perhatian bagi para pemilik kapal, demikian di jelaskan tim penguji.

Menurut tim penguji yang disaksikan oleh Kadishubkominfo bahwa belum semua pemilik kapal mengindahkan secara sempurna kelengkapan keselamatan penumpang di dalam kapal pada saat berlayar, seperti ketersediaan ban pelampung, baju pelampung, dan lainnya.

Di sela-sela kegiatan pengujian, dalam urun rembug, para pemilik kapal menyampaikan beberapa permohonan kepada Pemkab Taput seperti penambahan dermaga atau steiger untuk sandar kapal motor, karena dermaga di pelabuhan Muara di peruntukkan kepada kapal Ferry, tentu saja kapal motor mengalami kesulitan besar saat sandar di dermaga.

Masih menurut para pemilik kapal, perlu di buat pengaturan arah atau trayek pelayaran, sehingga terdapat ketertiban dalam menaikkan dan menurunkan penumpang di setiap dermaga, dengan kata lain menghindarkan perebutan penumpang.

Para pemilik kapal juga mencemaskan operasional kapal motor pengangkut barang yang turut menaikkan penumpang dari pelabuhan, sehingga perlu ditertibkan sesuai dengan peruntukan kapal. Apabila hal itu di biarkan dimungkinkan terganggunya keselamatan pelayaran, dan kapal motor lainnya yang di peruntukkan untuk mengangkut penumpang akan mengalami kerugian.

Diakhir kegiatan pengujian, tim penguji dari Dishub Propsu kepada Kadishubkominfo Taput mengharapkan agar Pemkab Taput menyediakan SDM  trampil dibidang perhubungan khususnya untuk pengujian kapal motor, sehingga ke depan Pemkab dapat melakukan pengujian sendiri di Danau Toba.

Menanggapi hal itu Kadishubkominfo Taput menjelaskan, bahwa dalam waktu dekat akan diberangkatkan satu orang personil Dishubkominfo untumengikuti diklat pengembangan SDM bidang pelayaran ke Palembang.

Photo liputan :

Tidak ada komentar: