"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Rabu, 09 Maret 2011

Bupati Semangati Siswa SLTA Memasuki UAN 2011

Menjelang UAN 2011, Bupati Tapanuli Utara, Torang Lumbantobing, kunjungi SLTA se-kota Tarutung untuk bertatap muka dengan para siswa kelas XII yang dalam waktu dekat akan mengikuti Ujian Akhir Sekolah dan Ujian Akhir Nasional.
Senin 7 Maret 2011, Buptai mengunjungi SMA Negeri 2 Tarutung.  Dalam sambutan dan bimbingannya Bupati Torang Lumbantobing mengharapkan sekali kepada siswa agar mau dan konsisten untuk meraih prestasi melalui persiapan diri yang matang, yaitu belajar, sehingga nantinya genaerai muda yang merupakan generasi masa depan bangsa, mampu lebih baik dari generasi sekarang membangun bangsa dan negara terlebih daerah Tapanuli Utara.
Orangtua siswa mewakili para orangtuasiswa mengharapkan kiranya Pemda Tapanuli Utara dapat memberikan dan melengkapi sarana dan prasarana perpustakaan sekolah juga mobiler, karena minimnya buku dan fasilitas perpustakaan serta kondisi riil mobiler yang sudah kurang mendukung dipergunakan sehari-harinya.
Wiki Lumbantobing mewakili rekan-rekannya mengharapkan kiranya SMA Negeri 2 Tarutung dapat dilengkapi fasilitas Laboratorium Bahasa Inggris, dan juga mengharapkan adanya penghargaan selain kertas atas sertifikat mereka yang pernah menjadi duta daerah dalam ajang olimpiade sains.

Dari SMA Negeri 2 Tarutung Bupati dan rombongan melanjutkan kunjungan ke SMA Negeri 1 Tarutung.
Di SMA ini Bupati menyampaikan kembali tekadnya untuk selalu komit dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati periode ini dibidang pendidikan.
Sesuai dengan misi pendidikan, Bupati meminta, antara lain :
- ke depan agar generasi muda Tapanuli Utara setelah selesai pendidikan jangan mencari pekerjaan tetapi harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan;
- bagi para siswa apabila berasal dari keluarga kurang mampu, Pemda akan memberikan fasilitas bea siswa, dan tahun ini difasilitasi sebanhyak 63 orang.
Orangtua siswa di SMA N 1 dalam harapan mereka menyampaikan, agar sekolah benar-benar peduli dengan peningkatan pendidikan, untuk itu nilai capaian siswa benar-benar dihargai (nyatakan nilai siswa sesuai dengan hasil yang diperolehnya) tanpa merekayasanya.

Selasa 8 Maret 2011, Bupati mengunjungi SMA HKBP 1 dan 2.  Bupati Torang Lumbantobing dalam kata sambutan dan bimbingan, dengan dihadiri para orangtua siswa, kepada para siswa menyampaikan agar para siswa benar-benar mempersiapkan diri sehingga nantinya pada pelaksanaan ujian akan dapat berhasil dengan baik.
Pada kesempatan ini juga, Bupati mengajak para orangtua siswa agar turut serta secara super aktif mengawasi anak-anaknya agar tidak sampai terjerumus kepemakaian narkoba.
Perwakilan siswa dalam harapan mereka menyampaikan permohonan kepada Pemkab agar kiranya dapat memfasilitasi penyediaan sarana informasi yakni sarana internet yang gratis, sehingga para siswa dapat lebih interaktif dalam mencari bahan atau materi pembelajaran yang dibutuhkan dengan lebih leluasa dan bebas tanpa harus dibebani lagi dengan biaya akses.
Sementara itu, perwakilan guru dalam memaparkan betapa masih kurangnya fasilitas pendidikan yang ada saat ini, seperti minimnya sarana dan prasarana laboratorium, bahkan masih ada sekolah-sekolah yang belum memiliki laboratorium, baik laboratorium IPA, Bahasa, dan lainnya.  Sedangkan untuk menyikapi kondisi geografis daerah di Tapanuli Utara, salah satu poin penting yang dibutuhkan para siswa, yakni meningkatkan mutu pertanian, alangkah baiknya apabila Pemkab dapat memprogramkan pelatihan atau bimbingan praktik kepada siswa pada bidang pertanian, sedemikian, siswa akan lebih mengenal dengan baik teknologi pertanian.
Sebelumnya Bupati mempersembahkan sebuah lagu yang sangat meresap disanubari masyarakat Tapanuli, yaitu lagu "Anakhonhu", yang menggambarkan suka duka dan harapan setiap orangtua di Tapanuli kepada anak-anaknya, yakni agar anak-anaknya lebih bergiat belajar, karena memang masyarakat Tapanuli sangat peduli kepada anak-anaknya sebagaimana tergambarkan dalam filsafat Batak "Anakhon hi do hamoraon di ahu".
Menanggapi pertanyaan dan harapan siswa, guru pun orangtua siswa, Bupati Torang Lumbantobing menyampaikan, bahwa sebagaimana Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Utara sebagaimana dalam RPJMD periode 2010-2014 disebutkan bahwa Pemkab Tapanuli Utara telah mempersiapkan traktor untuk pengolahan areal pertanian, dan untuk pengolahan ini Pemda akan memberikan subsidi kepada petani pemilik lahan;  sementara untuk fasilitas internet gratis, Pemkab telah memfasilitasi melalui Kantor Perpustakaan, dimana siapa saja bisa menggunakannya secara gratis.
Pada kesempatan kunjungan ini, Bupati Torang Lumbantobing menyerahkan perangkat komputer berupa notebook (laptop).
Pada kunjungan ini Bupati didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Tapanuli Utara beserta pimpinan SKPD lainnya.

Tidak ada komentar: