"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Kamis, 19 Juli 2012

Peluncuran KTP Elektronik Kabupaten Tapanuli Utara, 220.646 Jiwa wajib KTP

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara secara resmi melaksanakan program Kartu tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).  Seremoni peluncuran perekaman e-KTP dilakukan langsung oleh Bupati Tapanuli Utara pada Senin 16 Juli 2012.



Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tapanuli Utara Drs. Marconis Siregar pada laporan peluncuran menyampaikan, maksud dan tujuan Pelaksanaan Launching Perekaman e-KTP Tahun 2012 yang dilaksanakan hari ini adalah untuk menyatukan persepsi, sehingga seluruh pihak terkait maupun penduduk Wajib KTP memiliki komitmen yang sama dalam rangka mensukseskan pelaksanaan perekaman e-KTP di setiap tempat pelayanan di 15 Kecamatan se-Kabupaten Tapanuli Utara.

Masih dalam laporan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tapanuli Utara Drs. Marconis Siregar, seyogyanya implementasi e-KTP telah dilaksanakan mulai bulan April 2012, namun berhubung keterlambatan pendistribusian dan pemasangan jaringan komunikasi Data dan perangkat e-KTP oleh pihak Konsorsium.

Lebih lanjut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tapanuli Utara Drs. Marconis Siregar melaporkan bahwa perekaman Data wajib KTP ke dalam server AFIS di setiap Kecamatan keadaan 18 Juni 2012  sebanyak 220.646 Jiwa dari jumlah penduduk Kabupaten Tapanuli Utara sebanyak 321.353 Jiwa sedang target ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri sebanyak 219.753 Jiwa dengan perincian sebagai berikut  :

  1. Kecamatan Tarutung    28.087
  2. Kecamatan Siatasbarita    10.290
  3. Kecamatan Adiankoting    11.129
  4. Kecamatan Sipoholon    19.401
  5. Kecamatan Pahae Julu    9.781
  6. Kecamatan Pahae Jae    8.732
  7. Kecamatan Simangumban    5.665
  8. Kecamatan Purbatua    6.613
  9. Kecamatan Siborongborong    34.007
  10. Kecamatan Pagaran        12.291
  11. Kecamatan Parmonangan    11.046
  12. Kecamatan Sipahutar    19.555
  13. Kecamatan Pangaribuan    20.996
  14. Kecamatan Garoga    12.185
  15. Kecamatan Muara    9.975

Sementara Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing dalam sambutan peluncuran e-KTP ini menyatakan bahwa E-KTP ini untuk mewujudkan database kependudukan yang akurat, sehingga data pemilih dalam pemilu menjadi lebih jelas. Karena selama ini harus diakui sering menjadi masalah. 

Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing  menyampaikan beberapa pesan, yaitu

Pertama, kunci keberhasilan pelaksanaan perekaman e-ktp sudah tentu harus dibarengi kebersamaan tim dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab , sehingga target wajib KTP secara massal di Kabupaten Tapanuli Utara sebanyak 219.753 jiwa yang telah ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri dapat terlayani tepat waktu paling lambat bulan oktober 2012

Kedua, kepada camat se-Kabupaten Tapanuli Utara selaku ketua tim teknis kecamatan mengemban tugas dan  tanggung jawab yang cukup berat dan strategis , sehingga peran aktif Camat sangat diharapkan untuk menjalin kerjasama dengan para Kepala Desa dan Lurah selaku anggota tim teknis kecamatan , yang merupakan ujung tombak dalam pemberian informasi kepada masyarakat termasuk penyampaian surat undangan kepada wajib ktp untuk melakukan perekaman.

Ketiga, khusus pemanfaatan alat mobile untuk menjangkau wajib KTP yang tidak dapat hadir di tempat pelayanan akibat penyakit yang dideritanya secara permanen dan  lanjut usia , agar dipertimbangkan dengan matang , sehingga setiap kecamatan dapat memanfaatkan peralatan tersebut secara bergantian

Mengawali peluncuran e-KTP di Tapanuli Utara dilakukan perekaman data kepada
  • Bupati Tapanuli Utara,
  • Plt sekretaris daerah / asisten tata pemerintahan
  • mewakili tokoh masyarakat.
  • mewakili setiap desa/kelurahan

Seremoni peluncuran e-KTP ini dihadiri oleh Pimpinan SKPD se-Kabupaten Tapanuli Utara, para Camat se-Kabupaten Tapanuli Utara, LSM, masyarakat umumnya.

Photo liputan :

Tidak ada komentar: