"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 11 Januari 2013

Masyarakat Tapanuli Utara Bulang Bulangi Dahlan Iskan

Menteri BUMN : Dahlan Iskan
Jumat 11/1 Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara bersama dengan Masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara memberikan BULANG BULANG kepada Dahlan Iskan Menteri BUMN RI.


Pemberian Bulang Bulang ini sebagaimana disampaikan oleh Tokoh Masyarakat/Adat Tapanuli Utara adalah didasari kepada peran yang telah ditunjukkan oleh bapak Dahlan Iskan selaku Menteri BUMN, yaitu sebagai seorang pemimpin, sebagai sorang anutan di tengah-tengah masyarakat Bangsa Indonesia.

Pemberian “bulang-bulang” tidaklah sembarangan diberikan kepada seseorang tanpa memenuhi unsur penting yakni; Parpatik, Partutur dan Partamue

Parpatik adalah seseorang yang konsisten mengikuti aturan-aturan dan ketentuan yang berlaku di tengah masyarakat. 
Partutur adalah kemampuan untuk merangkul semua lapisan masyarakat tanpa membeda-bedakan etnis dan status sosial. 
Partamue adalah mencerminkan keterbukaan terhadap masyarakat yang dipimpinnya. Dalam Bahasa Batak juga disebut “Parbahulbahul Nabolon Paramak Sobalunonon”.

Seseorang yang menerima anugrah Bulang Bulang, adalah anak “sipatujoloon” (orang yang bisa dikedepankan dan tidak diragukan integritas kepribadiannya).

Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara melihat dan menilai Menteri BUMN Dahlan Iskan, adalah pribadi yang memiliki kapasitas, kapabilitas, kompetensi, profesionalme dan orang terkenal, terbuka menerima lapisan masyarakat tapa membeda bedakan suku, ras agama dan daerah, merakyat (populis).

Kemudian parpintu nabungka-nahum gok, paramak na bolak so balunon, parsangkalan so ra mahiang partataring so ra mintop yang artinya bijaksana, taqwa, beriman, bicaranya sopan dan terarah berdasarkan aturan hukum dan adat istiadat.

Parhata so ra leleng yang artinya sosok yang menghormati dan dihormati, melayani dan dilayani.

Masipasangapan, artinya, wawasan luas berhati lapang, penuh toleransi, penuntasan persoalan yang semrawut, penjernih air yang keruh, mengambil keputusan berdasarkan kebenaran dan keadilan tanpa memihak.

Masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara mengagumi komitmen yang ditampakkan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan, membangun Bona Pasogit Kabupaten Tapanuli Utara khususnya dan Kawasan Danau Toba pada umumnya, yang ditandai dengan pengembangan dan pembangunan Bandara Silangit demi dan untuk peningkatan ekonomi rakyat di Kawasan Danau Toba.

Photo liputan :
=

Video
=
x

Tidak ada komentar: