"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Minggu, 13 Januari 2013

Uskup Emeritus A.G. pius Datubara Resmikan Gereja Katolik Stasi Parmonangan

Uskup serahkan pengelolaan gereja kepada Pastor Paroki
Minggu 13/1 Uskup Emeritus A.G. Pius Datubara meresmikan Gereja Katolik Stasi Beato Dionisius dan Redemptus Parmonangan di Desa Manalu Kecamata Parmonangan Kabupaten Tapanuli Utara, wilayah Keuskupan Agung Medan.


Acara peresmian dilangsungkan dalam tata ibadah dan Misa dengan selebran Uskup Emeritus A.G. Pius Datubara, Pastor Laurentius Sutarno, SJ, Pastor Marihot Simanjuntak, SJ.

Gereja Katolik Stasi Beato Dionisius dan Redemptus Parmonangan ini didirikan menggantikan bangunan lama yang terletak tidak jauh dari bangunan lama.

Pembangunan Gereja ini disponsori oleh keluarga bapak Johanes Kennedy Aritonang asal Kecamatan Parmonangan dan berdomisili di Batam.

Acara ini selain dihadiri oleh umat Katolik, juga dihadiri oleh utusan Gereja tetangga di Desa Manalu Kecamatan Parmonangan.  Selain itu juga dihadiri oleh Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing dan Ibu bersama dengan jajarannya di Pemkab Tapanuli Utara.

Uskup Emeritus A.G. Pius Datubara dalam homili menyampaikan harapan bahwa dengan berdirnya bangunan baru gereja ini akan lebih menyemangati umat ke depan.

Setelah pemberkatan dilakukan oleh Uskup Emeritus A.G. Pius Datubara, prasasti gereja ini ditandatangani oleh bapak Johanes Kennedy Aritonang, Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing dan Uskup Uskup Emeritus A.G. Pius Datubara.

Pastor Paroki Tarutung Laurentius Sutarno, SJ yang didampingi Pastor Marihot Simanjuntak, SJ dalam sambutan menyampaikan rasa syukur dan terimakasih atas peran semua pihak yang begitu besar kepeduliannya mewujudkan pembangunan gedung gereja stasi ini.

Kepada Bupati Tapanuli Utara, Pastor Laurentius Sutarno, SJ mengharapkan kiranya infrastruktur jalan ke desa-desa dapat diperbaiki dan ditingkatkan, sehingga akses masyarakat desa dapat lebih baik dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat.

Dalam kesempatan memberikan sambutan, bapak Johanes Kennedy Aritonang menyampaikan bahwa niatannya membangun gedung baru ini marupakan suatu panggilan, namun demikian begitu banyak harapan yang belum dapat terwujudnyatakan saat ini, namun menjadi keinginan yang aka dilakukan dimasa depan.

Masih menurut Johanes Kennedy Aritonang, peran Gereja sebagaimana telah dilakukan semenjak dahulu, yaitu pelaynan dibidang kesehatan, hendaknya dapat dilakukan di Parmonangan.  Perlu didirikan sebuah Klimik Kesehatan dan dibutuhkan para pelayan dari kongregasi susteran.  untuk mewujudkan ini bapak Johanes Kennedy Aritonang berkenan untuk membantu pendirian bangunan.   Selain itu, juga diharapkan adanya unit pendidikan yang dikelola oleh yayasan Gereja di Parmonangan.

Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing dalam sambutan turut menyampaikan terimakasih kepada keluarga Johanes Kennedy Aritonang dan keluarga Komeng (dari Cirebon) yang telah membawa peran penting dalam pembangunan Gereja ini, semua itu tak terlepas dari pembangunan Bona Pasogit Kabupaten Tapanuli Utara, jelasnya.

Lebih lanjut Bupati menyatakan, tahun 2013 ini Pemkab Tapanuli Utara aka mengalokasikan biaya pembangunan ke Kecamatan Parmonangan antara lain perbaikan infrastruktur jalan baik dari Silangkitang-Parmonangan, juga ke desa-desa terpencil lainnya.  Sementara ke Desa Huta Julu Balik akan dilakukan survey terlebih dahulu.

Photo liputan :
x

Tidak ada komentar: