"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Minggu, 04 Agustus 2013

Gotong Royong Masyarakat Desa Banua Luhu, Desa Pagaran dan Desa Lumban Julu Kec. Pagaran

Jumat 2 Agustus 2013, Bupati Tapanuli Utara kunjungi masyarakat Desa Banua Luhu, Desa Pagaran dan Desa Lumban Julu Kec. Pagaran yang sedang menyelenggarakan gotong royong bersama.

Masyarakat ketiga yaitu Desa Banua Luhu, Desa Pagaran dan Desa Lumban Julu Kec. Pagaran yang bergotong royong untuk perbaikan tali air irigasi Sipabutong Butuha yang mengairi lahan persawahan ketiga desa termasuk Desa Lumban Tonga tonga Kec. Siborongborong.

Pantauan media ini bahwa gotong royong telah dilakukan oleh beberapa masyarakat selang beberapa hari, dan dihari ini adalah akhir penyelenggaraan gotong royong, dimana Bupati Taput berkenan meninjau langsung.

Sebagaimana dituturkan oleh masyarakat, bahwa tali air Sipabutong Butuha ini mengalami kerusakan dan hampir tidak dapat berfungsi yang berakibat kepada semakin menurunnya produksi lahan pertanian masyarakat petani yang banyaknya lebih kurang 80% dari keseluruhan masyarakat Desa Banua Luhu.

Masyarakat sangat mengharapkan campur tangan dari Pemerintah Kabupaten untuk memperbaiki dan memelihara tali air ini, sehingga ketersediaan air ke lahan pertanian/persawahan dapat terjamin, sehinga produksi pertanian dan holtikultura di ketiga desa dapat lebih menggeliat lagi.

Dalam kesempatan ini masyarakat juga mengharapkan campur tangan pemerintah kabupaten dalam pemasaran produksi pertanian dan holtikultura, karena diyakini bahwa  dengan banyaknya simpul jalur produksi mengakibatkan semakin rendahnya harga jual produksi holtikultura dari Kecamatan Pagaran.

Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing pada penyampaian bimbingan dan arahan, kepada masyarakat yang hadir menyanggupi akan melakukan dengan segera perbaikan tali air Sipabutong Butuho, juga akan mengangkat “Raja Bondar” (penjaga dan pengelola tali air) dan menekankan agar seluruh masyarakat khususnya pengguna tali air ikut serta memelihara tali air ini.

Photo liputan :’


Video liputan :
=

Tidak ada komentar: