"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Kamis, 30 Juli 2015

Bupati Taput Buka Pesparawi Taput 2015

Kamis, 30 Juli 2015.   Bupati Taput Drs.Nikson Nababan membuka secara resmi Pesta Paduan Suara Gerejawi Tapanuli Utara Tahun 2015 yang diadakan di HKBP Sabungan Siborongborong.


Pesparawi Taput tahun 2015 diselenggarakan Kementerian Agama RI diikuti 15 kontingen dari 15 kecamatan se-Taput dengan 5 kategori lomba yakni Koor Dewasa Campuran, Vocal Grup, Vocal Solo Anak, Vocal Solo Remaja Putra dan Vocal Solo Putri.  Pesta Paduan Suara Gerejawi tersebut dilaksanakan selama 2 hari yakni tgl 30-31 Juli 2015.

Diawali dengan prosesi dari terminal Siborongborong menuju gereja HKBP Sabungan Siborongborong yang diikuti ratusan peserta dipandu para rohaniawan gereja.  Kegiatan Pesparawi dimulai dengan Kebaktian yang mengambil tema “Pujilah Tuhan, hai jiwaku dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya” (Mazmur 103:2) dipimpin Pdt. Demak Simanjuntak, M.Th  yang inti pentingnya semua umat di dunia bersukacita dan memuji kemuliaan Allah atas setiap karunia yang telah dilimpahkan pada setiap manusia.



Dalam sambutannya Bupati Nikson Nababan mendukung penuh kegiatan Pesparawi tersebut dengan harapan  mampu memupuk dan meningkatkan kebersamaan antar sesama, guna mendukung program pembangunan kesejahteraan serta meningkatkan iman masyarakat sesuai visi misi yang telah ditetapkan oleh Pemkab Tapanuli Utara.

“Sesuai laporan panitia, bahwa Pesparawi di Taput telah lama tidak dilaksanakan, ini merupakan pertama kali dilakukan kembali.  Tentu ini menjadi perhatian besar bagi semua pihak termasuk Pemkab Taput sendiri, padahal Taput dikenal sebagai pusat kekristenan karena merupakan daerah pertama yang dikunjungi missionaris Kristen untuk menyebarkan ajaran Kristen.  Untuk itu untuk tahun-tahun berikutnya saya pastikan kegiatan Pesparawi akan terus dilaksanakan secara bergilir pada 15 kecamatan di wilayah Bonapasagit, sehingga citra Taput sebagai daerah wisata rohani dapat kita hidupkan kembali“, tegas Bupati Nikson Nababan.




Bupati menambahkan bahwa tahun 2015 telah dicanangkan sebagai Tahun Gotong Royong, sehingga diharapkan kegiatan Pesparawi ini juga menjadi sarana bagi semua pihak untuk mempererat rasa persaudaraan, dan menyelaraskan kesepahaman khususnya dalam membantu Pemkab Taput terutama menggalakkan kembali budaya marsiadapari (gotong royong) ditengah-tengah masyarakat, membantu mewujudkan kedaulatan dibidang pangan melalui ekstensifikasi dan intensifikasi lahan-lahan pertanian. Pemkab Taput telah memprogramkan pengadaan alat-alat berat guna membantu masyarakat membuka lahan-lahan tidur sehingga diharapkan nantinya pertanian di Taput mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Bonapasogit.

“Pemkab Taput juga membuat skala prioritas pembangunan dibidang SDM yang berkualitas melalui sekolah menuju sekolah unggulan serta menghidupkan kembali Balai Latihan Kerja (BLK) Silangkitang sebagai tempat mencetak generasi muda yang memiliki kompetensi serta mampu bersaing disegala lini kehidupan. Bila ada peserta Pesparawi atau sanak family yang berminat silahkan datang ke BLK Silangkitang dan tak akan dipungut biaya apapun”, ungkap Bupati.




“Saya mengapresiasi pelaksanaan Pesparawi ini seraya berharap kegiatan ini tidak berorientasi mencari pemenang, namun sebagai sarana menghidupkan kembali kecintaan akan lagu-lagu rohani serta sarana memuji Tuhan, sehingga kemuliaan Allah makin nyata di Tapanuli Utara tercinta.  Untuk itu mari satukan hati agar kidung pujian melalui paduan suara nantinya indah terdengar, dan masyarakat Taput semakin terberkati”, ajak Bupati Nikson Nababan.

Ketua Panitia Pesparawi Taput 2015 Bitler Tumanggor, S.Ak melaporkan bahwa kegitan ini dilaksanakan untuk mengembangkan kreasi seni dan budaya kekristenan, meningkatkan mutu paduan suara, sarana berbagi pengalaman dibidang pengembangan lagu gerejawi serta sarana memperkenalkan potensi yang dimiliki Taput khususnya dibidang seni lagu gerejawi.

Bupati Taput yang didampingi Kajari Tarutung Hotma Tambunan, Dandim 0210/TU Letkol Inf Baginta Bangun, Wakil Ketua DPRD Taput Ir. Reguel Simanjuntak, Wakapolres Taput Kompol B.  Turnip serta perwakilan Pengadilan Negeri Tarutung melakukan pemukulan gong 5 kali sebagai tanda dimulainya kegiatan Pesparawi Taput Tahun 2015.

Turut hadir Ass. Pemerintahan Drs. HP Marpaung, Para Staf Ahli, para Pimpinan SKPD dan Para Camat se-Taput.

Tidak ada komentar: