"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Sabtu, 14 Mei 2011

Lomba Obrolan Pembangunan Kelompok Informasi Masyarakat se-Kabupaten Tapanuli Utara

Kamis 12 Mei 2011 bertempat di Sopo Partungkoan Tarutung, Bupati Tapanuli Utara diwakili Asisten II Ekbang, Osmar Silalahi, SE membuka penyelenggaraan Lomba Lomba Obrolan Pembangunan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Kabupaten Tapanuli Utara.
Osmar Silalahi, SE (Ass II/Ekbang)

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tapanuli Utara dalam laporan pembukaan penyelenggaraan yang disampaikan oleh D.P. Limbong (Kabid Komunikasi Dishubkominfo) menyampaikan bahwa lomba tahun 2011 ini mengusung thema “Dengan semangat kebangkitan nasional kita tingkatkan ketahanan masyarakat dalam kerangka NKRI” sedangkan topik yang diperlombakan meliputi aspek Dalihan Natolu, aspek Lumbung Desa dan aspek Siskamling.

Lomba KIM ini diikuti perwakilan KIM per-Kecamatan se-Kabupaten Tapanuli Utara, sebanyak 15 kecamatan, dan yang mendaftarkan diri sampai dengan batas akhir pendaftaran sebanyak 11 kecamatan.

Photo Bersama, Camat Simangumban (kiri), KIM Simangumban, Osmar Silalahi, SE, Humala Hutauruk

Bupati Tapanuli Utara yang diwakili Asisten II Ekbang Osmar Silalahi, SE dalam sambutan pembukaan meminta kepada seluruh peserta lomba agar mampu menunjukkan penampilan terbaiknya baik dari segi penampilan, penguasaan materi dan penyampaian pesan, sehingga nilai plus keberadaan KIM di tengah-tengah masyarakat menunjukkan hasil uji yang sesungguhnya sesuai dengan fungsi KIM di tengah-tengah masyarakat desa.
Untuk independensi dan obyektifitas penilaian dalam lomba ini, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tapanuli Utara menghunjuk Tim Juri dari pihak independen sebanyak tiga orang, yaitu dari unsur pers, unsur LSM, dan unsur pendidikan masing-masing satu orang.

Dari 11 kecamatan yang mendaftarkan diri sebagai peserta lomba, satu peserta yaitu delegasi Kecamatan Sipahutar mengundurkan diri karena salah seorang dari anggota peserta mengalami gangguang kesehatan saat akan mengikuti pementasan, sehingga yang ikut serta dalam pelaksanaan lomba tinggal 10 kecamatan.

Terbaik I, Juri 1, Terbaik 2, Terbaik 3, Juri 2, Terbaik 4, Juri 3, Terbaik 5
Capaian akhir perlombaan obrolan pembangunan ini menghasilkan peserta TERBAIK PERTAMA KIM Kecamatan Purbatua, TERBAIK KEDUA KIM Kecamatan Tarutung, TERBAIK KETIGA KIM Kecamatan Parmonangan, TERBAIK Harapan Satu KIM Kecamatan Adiankoting dan TERBAIK Harapan kedua KIM Kecamatan Siborongborong.

Peserta Lomba Terbaik Pertama menerima uang pembinaan sebesar tiga juta rupiah bersama trophy, Terbaik Kedua menerima uang pembinaan sebesar dua juta lima ratus ribu rupiah bersama trophy, dan Terbaik Ketiga menerima uang pembinaan sebesar satu juta lima ratus ribu rupiah bersama trophy, sedangkan terbaik harapan satu dan dua hanya menerima trophy. Selain uang pembinaan dan trophy seluruh KIM peserta lomba juga menerima Piagam Penghargaan dari Bupati Tapanuli Utara.

Adapun Terbaik Pertama dari perlombaan ini sebagaimana disampaikan Bupati Tapanuli Utara yang diwakili oleh Asisten Ekbang Osmar Silalahi, SE dalam Bimbingan dan Arahan Penutupan lomba menyampaikan, akan menjadi utusan Kabupaten Tapanuli Utara mengikuti Lomba Obrolan Pembangunan KIM tingkat Propinsi Sumatera Utara yang akan diselenggarakan pada 19 Mei 2011 yang akan datang.

www.ta[putkab.go.id


Tidak ada komentar: