"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Senin, 22 Juli 2013

Bupati Pimpin Upacara Hari Otonomi Daerah dan Apel Hari Kesadaran

Rabu 17 Juli 2013 bertempat di halaman Kantor Bupati Tapanuli Utara Tarutung, Bupati Tapanuli Utara pimpin Upacara Hari Otonomi Daerah XVII dan Apel Kesadaran yang diikuti oleh Pimpinan dan para Pejabat Eselon III seluruh SKPD se-Kabupaten Tapanuli Utara.

Hari Otonomi Daerah kali ini mengusung thema : “Dengan Otonomi Daerah kita tingkatkan Kapasitas Pemerintahan Daerah untuk percepatan kesejahteraan masyarakat”.  Adapun permaknaannya adalah bahwa kapasitas penyelenggaraan Pemerintah Daerah harus terus ditingkatkan sebagai konsekuensi perubahan lingkungan strategis sehingga dapat kompatibel, tangguh dan handal dalam melakukan urusan-urusan dan fungsi pelayanannya untuk kesejahteraan masyarakat.

Bupati dalam pidatonya menyatakan bahwa otonomi daerah pada dasarnya mempunyai dua tujuan utama yaitu tujuan demokrasi dan tujuan kesejahteraan. Tujuan demokrasi memposisikan Pemerintahan Daerah sebagai instrumen pendidikan politik ditingkat lokal, yang secara agregat akan menyumbang terhadap pendidikan politik secara nasional untuk mempercepat terwujudnya masyarakat madani. Tujuan kesejahteraan mengisyaratkan Pemerintahan Daerah untuk menyediakan Pelayanan Publik bagi masyarakat lokal secara efektif, efisien dan ekonomis.

Tidak dipungkiri bahwa kebijakan otonomi daerah telah menghasilkan banyak kemajuan, namun harus kita sadari juga bahwa masih perlu dilakukan pembenahan dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah antar lain terhadap :

  1. Kompetensi SDM Aparatur
  2. Sinergitas perencanaan pembangunan antar tingkat Pemerintahan Pusat, Provinsi dan kabupaten/kota
  3. Pengelolaan Keuangan Daerah yang efiesien, efektif, trasnparan dan akuntabel
  4. Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan.

Selain itu terdapat fakta-fakta yang harus disikapi bersama yaitu
  1. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia masih perlu ditingkatkan, hal tersebut mengindikasikan pembangunan kapasitas SDM Indonesia harus menjadi perhatian kita semua
  2. Dalam hal pelayanan publik, seperti kemudahan memulai usaha (terkait pemberian ijin usaha, IMB, DLL), masih perlu untuk ditingkatkan.
  3. Selain itu, Permasalahan hukum masih sangat intensif menghinggapi penyelenggaraan Pemerintahan.
  4. Kondisi infrastruktur (jalan/jembatan, sekolah, air bersih, pelayan kesehatan) diberbagai daerah yang masih memprihatinkan sehingga belum mampu mendukung kegiatan-kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat secara maksimal.

Lebih lanjut Bupati menyatakan beberapa hal yang perlu dikawal terkait implementasi Kebijakan Otonomi Daerah kaitannya dengan pencapaian prioritas Pembangunan Nasional antara lain sebagai berikut :
  1. Penerapan 15 Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang harus dilaksankan setiap daerah yang terdiri dari SPM bidang Kesehatan;  Lingkungan Hidup; Sosial; KB dan Keluarga Sejahtera; Pelayanan Terpadu bagi perempuan dan anak korban kekerasan; Ketahanan Pangan; Pendidikan; Perumahan Rakyat; Pekerjaan Umum; Ketenaga Kerjaan; Kominfo; Kesenian; Perhubungan; Penanaman Modal; dan Pemerintahan dalam negri.
  2. Dalam hal Pengelolaan Keuangan Daerah diharapkan terus dapat dilakukan langkah-langkah dan upaya untuk efisiensi, efektifitas, trasnparansi dan akuntabilitas, disertai dengan upaya pengembangan dan peningkatan Sistem Pengawasan Intern Pemerintah (SPIP). Penetapan APBD tepat waktu juga harus menjadi komitmen antara Kepala Daerah dan DPRD, yang dapat mendorong percepatan Pembangunan Daerah.
  3. Kebijakan untuk Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)yang perlu senantiasa ditingkatkan beserta penerapan Sistem Pelayanan Informasi dan Perijinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE);
  4. Mendorong penyelesaian e-KTP, sebagai wujud pelayanan kependudukan yang konstruktif dan modern.
  5. Mendorong Perekonomian Masyarakat melalui Peningkatan Kemandirian (PNPM-MP); dan
  6. Mewujudkan keterbukaan informasi publik melalui pelayanan informasi dan dokumentasi publik di Lingkungan Pemerintahan Daerah secara efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan.

Diakhir Pidato Bupati mengajak bersatu padu memberikan karya dan prestasi yang terbaik bagi Bonapasogit yang kita banggakan ini. Karena hanya dengan kebersamaan, kerja keras dan memanfaatkan waktu yang sebaik-baiknya, kita dapat membangun daerah yang kita cintai ini.

Photo liputan :

Tidak ada komentar: