"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Kamis, 28 November 2013

Evaluasi Desa Parmanuhan Kecamatan Garoga Desa Binaan PTP2WKSS

Rabu 27 Nopember 2013 Tim Evaluasi Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Dalam Keluarga Sehat Sejahtera (PTP2WKSS) Propinsi Sumatera Utara kunjungi  Desa Parmanuhan Kecamatan Garoga – Taput dalam rangka evaluasi penilaian Desa Binaan PTP2WKSS.



Desa Parmanuhan yang baru dimekarkan dari Desa Parsosoran Kecamatan Garoga dengan Perda Kabupaten Tapanuli Utara Nomor 04 Tahun 2011 terdiri dari dari empat dusun, yaitu Dusun Toba I (sebagai pusat pemerintahan Desa), Toba II, Toba II, dan Toba IV berbatasan dengan di utara Desa Gonting Salak, di selatan dengan Desa Gonting Garoga, di timur dengan Desa Parsosoran, di Barat dengan Desa Sibalanga dengan jumlah penduduk saat ini sebanyak 563 jiwa (106 KK)

Pemilihan Desa Parmanuhan menjadi desa binaan PTP2WKSS dimaksudkan untuk mendongkrak dan mempercepat pembangunan desa ini dari ketertinggalan baik dari sisi ekonomi , pendidikan, kesehatan dan pangan.  Perlakuan khusus yang diberikan kepada desa ini membawa hampir semua SKPD membuat sasaran pembangunan ke desa ini, seperti Dinas PU membangun jalan aspal hingga ke desa ini, Dinas Pendidikan membuka pendidikan PAUD, Dinas Kesehatan membuka Posyandu dan pemberian imunisasi untuk balita.

Kepala Desa Parmanuhan dalam laporan menyatakan bahwa pertumbuhan desa ini dirasakan sangat signifikan semenjak dimekarkan tahun 2011 terlebih setelah dijadikan menjadi desa binaan PTP2WKSS, dari desa termiskin perlahan namun pasti pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui hasil pertanian/ perkebunan semakin tertingkat, masyarakat desa semakin bersemangat dan pada masa kini hampir tidak ada waktu bagi masyarakat selain hanya bergiat di lahan pertanian atau perkebunanan masing-masing.

Kegiatan evaluasi ini dihadiri oleh Bupati Tapanuli Utara diwakili Asisten Administrasi Umum Drs. Humala Hutauruk, TP PKK Kabupaten Taput, para pimpinan SKPD selaku penyantun desa binaan, Camat Garoga, Camat Se-Tapanuli Utara, para Kepala Desa se-Kec. Garoga.

Photo liputan :

Tidak ada komentar: