"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Senin, 09 Maret 2015

Tahun 2015 : Akses Jalan Dari Hajoran Ke Ibukota Kecamatan Parmonangan Akan Dibuka

Rabu, 4 Maret 2015.  Bupati Taput Drs. Nikson Nababan melakukan kunker ke Hajoran Desa Manalu Purba Kecamatan Parmonangan.


Desa Manalu Purba juga Desa Purba Dolok, dan Desa Batu Arimo, adalah desa sangat terpencil yang masih terisolasi di Kabupaten Taput.  Untuk mengunjungi desa ini harus berkeliling melintasi kabupaten lain (KabupatenTapanuli Tengah).

Bupati Nikson Nababan mengatakan “Saya sangat prihatin melihat kondisi daerah ini, dimana masih ada desa di Kabupaten ini yang tidak bisa tembus ke ibu kota kecamatannya, tetapi harus melalui Kabupaten lain dengan menempuh jarak yang sangat jauh. Ini fakta ironis, karena sudah 69 tahun Indonesia merdeka ,toh masih ada daerah terpencil yang terisolasi . Ini adalah tugas dan menjadi beban bagi saya setelah saya dipercayakan menjadi Bupati. Dan pada tahun 2015 ini, saya akan upayakan untuk membuka akses jalan dari dusun Hajoran ke ibu kota Kecamatan, tidak lagi harus melalui kabupaten tetangga Tapanuli Tengah,” ujar Nikson Nababan.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, “Saya bertekad, masyarakat di Dusun Hajoran, Batuarimo, Purba Dolok dan Rampa harus mengenal kantor camatnya. Dengan menembuskan jalan ini maka masyarakat sudah dapat lebih leluasa ke kantor camat untuk mengurus keperluan masing-masing. Faktanya masih banyak rakyat di Hajoran belum mengenal kantor camatnya.  Masyarakat disini adalah rakyat yang juga bagian dari Tapanuli Utara. Mereka berhak akan sebuah perubahan dan kemajuan, dimana hal pertama yang harus dituntaskan adalah infrastruktur, untuk membuka akses antar dusun, antar desa, dan juga antar kecamatan. Dengan demikian, apapun yang dihasilkan daerah tersebut, baik di bidang pertanian, perikanan dapat dipasarkan dengan baik sehingga bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat Hajoran”.

“Setelah saya melihat secara langsung dan berbincang secara langsung dengan masyarakat disini, saya memutuskan untuk memberikan perhatian khusus untuk daerah ini karena masih sangat tertinggal. Untuk masalah pendidikan juga, saya sudah memberikan perhatian khusus bagi guru-guru yang mengajar di daerah sangat terpencil, dimana mereka mendapatkan insentif sebesar gaji pokok dalam sebulan bahkan ada yang mencapai satu setengah kali gaji pokok. “Apabila ada guru PNS yang tidak menjalankan tugasnya sebagai pengajar dengan baik, akan kita tindak dengan tegas, anak didik di Hajoran sangat mebutuhkan guru, untuk itulah kita berikan perhatian khusus melalui pemberian insentif tadi,” kata Bupati.

Dalam kunjungan kerja ini Bupati Taput didampingi beberapa pimpinan SKPD dan Camat Parmonangan Donni Simamora. 

Tidak ada komentar: