"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Rabu, 04 Maret 2015

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Tapanuli Utara

Selasa, 3 Maret 2015.  Pancasila, Undang-Undang Dasar  NRI 1945, NKRI dan Binneka Tunggal Ika merupakan empat pilar kebangsaan yang harus dihayati dan diamalkan oleh setiap warga Negara Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Hal itu diungkapkan DR.Rufinus Hutauruk, SH.MH,MM dihadapan ratusan peserta sosialisasi tentang 4 pilar kebangsaan di Gedung Sopo Partukkoan Tarutung.

Rufinus Hutauruk, Anggota DPR/MPR RI dari Partai Hanura Dapil Sumut II mengatakan bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam 4 Pilar kebangsaan yakni Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai Kontitusi Negara, NKRI sebagai Bentuk Negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara harus tetap dipertahankan oleh bangsa Indonesia dalam menyikapi  krisis multidimensi yang menerpa bangsa ini. Dan sampai saat ini masih sangat sakti kekuatannya sehingga layak untuk tetap  diperjuangkan demi konsistensi dan keberadaan bangsa ini,” sambungnya.

Rufinus juga menambahkan bahwa krisis multidimensi yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini dilatarbelakangi beberapa faktor internal seperti pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dan ajaran agama yang sempit serta lunturnya penghargaan terhadap kemajemukan yang berimplikasi kepada terjadinya ketidakadilan dalam bidang pembangunan ekonomi, sosial, budaya, politik dan hukum di pusat maupun daerah. 

Disamping itu krisis multidimensi juga diakibatkan faktor eksternal yakni globalisasi yang membawa persaingan antar bangsa yang semakin tajam, kuatnya pengaruh budaya asing dan kurangnya sarana teknologi industri dalam perumusan kebijakan Negara.

Untuk menyikapi kondisi tersebut, sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan merupakan keharusan sehingga setiap Warga Negara Indonesia memperoleh pemahaman akan nilai-nilai kebangsaan dan menjadikannya kompas dalam kehidupan bernegara dan berbangsa ,” sambung Rufinus.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Taput Drs.Mauliate Simorangkir, M.Si, Ketua DPRD Taput Ir. Ottoniyer Simanjuntak, Ketua DPC Hanura Taput Banjir Simanjuntak, sejumlah Anggota DPRD Taput diantaranya Tota Situmeang, Frengki Simanjuntak, Suhartono Sihombing, Maruli Panjaitan, para Kepala SKPD, Camat, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Mahasiswa dan kalangan Pers-LS.

Dalam acara  tersebut juga diadakan kegiatan pemaparan kondisi terkini Tapanuli Utara, Target yang akan dicapai, Program yang dilaksanakan serta masalah atau kendala yang dihadapi khususnya dalam pembangunan kesejateraan masyarakat Taput oleh para pimpinan SKPD serta unsur masyarakat. 

Dalam kesempatan tersebut DR.Rufinus Huturuk, SH,MH,MM dalam kapasitasnya sebagai Anggota DPR RI  berjanji akan memperhatikan serta memperjuangkan pembangunan kemakmuran Tapanuli Utara.

Tidak ada komentar: