"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Kamis, 08 September 2011

Panen Perdana Program Peningkatan Pertanian Bona Pasogit

Rabu 7/9-2011, bertempat di Desa Sukamaju Kecamatan Pahae Jae Bupati Tapanuli Utara yang diwakili Sekretaris Daerah Drs. Sanggam Hutagalung, MM bersama dengan masyarakat tani setempat melaksanakan panen perdana Program Peningkatan Pertanian Bona Pasogit Kabupaten Tapanuli Utara Kerjasama Antara Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara Dengan Program P2KN yang didukung pupuk hayati OBUKI .


Ir. Sabam Nainggolan Kepala BP4K Tapanuli Utara dalam laporan menyampaikan bahwa program pertanaman padi yang dilakukan oleh masyarakat tani seluas 100 Ha dengan menggunakan pupuk hayati OBUKI dimaksudkan sebagai upaya peningkatan produksi padi.

Sementara Ketua P2KN Jelita dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga kepada masyarakat tani pengguna pupuk hayati OBUKI dengan capaian yang diperoleh walaupun dengan tetap menunjukkan rasa kurang puas karena tidak masimalnya hasil yang dicapai.

Masih dalam sambutan ini, Ketua P2KN meminta masyarakat tani menjelaskan secara gamblang penyebab tidak maksimalnya hasil yg dicapai, dan dari penjelasan singkat masyarakat tani tergambarkan bahwa masyarakat tani belum sepenuhnya mematuhi anjuran penggunaan pupuk Obuki sebagaimana dipersyaratkan.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Drs. Sanggam Hutagalung, MM dalam sambutan dan arahan menyampaikan rasa bangganya kepada masyarakat tani yang telah bersedia mempraktekkan pertanaman dan penggunaan pupuk hayati Obuki, walaupun belum maksimal sambil mengajak segenap warga berterimakasih kepada keluarga Tommy Suryadi (alm) yang peduli kepada kampung halaman bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sekretaris Daerah menghimbau masyarakat tani, agar pada pertanaman berikutnya masyarakat tani mau dengan sungguh-sungguh menggunakan pupuk hayati Obuki dan dengan serius memenuhi persyaratan teknis penggunaan pupuk Obuki.

Lebih lanjut Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Drs. Sanggam Hutagalung, MM mengingatkan masyarakat tani Desa Sukamaju, ”bahwa Pemerintah dan para sponsor hanyalah unsur penopang dalam meningkatkan pendapatan masyarakat, peran utama tetap berada pada masyarakat itu sendiri”.   Oleh karena itu lanjut Sekretaris Daerah mengingatkan, ”akar masalah bagi kita semua adalah kesejahteraan, pendapatan, kalau pendapatan kurang semuanya akan terasa menjadi kurang, sebaliknya kalo pendapatan  cukup maka semua agak lebih mudah”. 

Lebih jauh Sekretaris Daerah meminta “kalau kita mau mencapai hasil maksimal maka mari kita ikuti syarat yang diinginkan produk yang kita gunakan, walaupun sekarang kita belum maksimal kami katakan kita bukan gagal, pula kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, …. dan ingatlah hanya kita yang bisa membangun diri kita sendiri”.

Kepada Kepala BP4K Sekretaris Daerah meminta agar memberikan perhatian yang serius kepada pemanfaatan pupuk hayati ini, sehingga seluruh masyarakat tani padi di Tapanuli Utara mau menggunakan pupuk ini, selain itu juga ditekankan peran para Penyuluh Pertanian.

Hadir dalam acara ini selain Sekretaris Daerah, juga dihadiri Anggota DPRD Tapanuli Utara Bapak Siregar, Ketua Program P2KN ibu Jelita Suryadi dan Bapak Cosmas dari PT. Mitra Agritech Sejahtera , Pimpinan SKPD Kabupaten Tapanuli Utara antara lain Kadis Pertanian dan Perkebunan, Kadis Perikanan dan Peternakan, Kadis Kehutanan, Kakan Ketapang, Ka Satpol PP, Kabag Perekonomian, Kabid Informatika Dishubkominfo, Camat Pahae Jae, Petugas Penyuluh wilayah Pahae, para Kades se-Pahae Jae dan warga tani Suka Maju.

Sambutan Sekda di youtube




Tidak ada komentar: