"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Rabu, 31 Desember 2014

Partangiangan Keluarga Besar Lumban Sormin

(Bupati Nikson Nababan : "Keluarga Besar Lumban Sormin, mari bersama sama dan bantu kami membangun Tapanuli Utara")

Jumat-Minggu 26-28 Desember 2014 Kelurga Besar Lumban Sormin, Anak, Boru, Bere, Ibebere se-Indonesia melangsungkan Partangiangan di Desa Lumban Sormin Kecamatan Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara Sumatera Utara Indonesia.


50 (lima puluh) tahun yang lalu tepatnya 1964, para sesepuh marga Sormin bersama anak, boru, bere, ibebere yang berdiam dan berada di luar Desa Lumban Sormin melakukan Acara Partangiangan di Lumban Sormin, dengan permohonan kepada Tuhan agar “gabe na niula sinur napinahan, jala tubu anak nabisuk jala napantas marroha" (hasil pertanian yang melimpah dan hasil ternak yang baik, serta lahir anak yang  bijaksana dan rendah hati), dan anak-anak Lumban Sormin, semakin maju, pintar, bijak dan menjadi pemimpin yang bisa diandalkan, 

Lumban Sormin merupakan Bona Pasogit bagi marga Sormin yang adalah pomparan dari Silo dan pomparan dari Siregar berada di Kecamatan Pangaribuan, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia, terdiri dari bebrapa Dusun (huta) yaitu: (1) Lumban Dongoran, (2) Lumban Sormin Mula-Mula, (3) Pea Najagar, (4) Huta Tonga, (5) Dolok Pansur Godang, (6) Bona Dolok Saur, (7) Dolok Saur, (8) Saur Matio, (9) Banjar Godang, (10) Pagaran Dolok, (11) Lumban Panjaitan dan (12) Simaninggir.

Selain syukuran acara ini dimaksudkan untuk membangun dan meningkatkan silaturahmi, kekeluargaan, persaudaraan dari Anak, Boru, Bere dan Ibebere Keluarga Besar Lumban Sormin se-Indonesia serta meningkatkan keimanan, ketaqwaan kepada Tuhan dan kasih buat sesama.

Berbagai kegiatan yang dilakukan dalam acara ini yaitu
  • Jumat, 26-12-2014 Lomba Cerdas Cermat, Lomba Olah Raga, dan Pemutaran Film
  • Sabtu, 27-12-2014 Bakti Sosial, Pemutaran Film dan Hiburan Semalam di Bona Pasogit
  • Minggu, 28-12-2014 Pembukaan/Parade, Kebaktian dan KKR, Acara Kata – kata Sambutan, Makan Bersama, Pemeriksaan Kesehatan, Pemberian Tali Kasih, Hiburan / Manortor bersama.

Patut dicatat dalam partangiangan ini, Keluarga Besar Lumban Sormin dari Tapanuli Bagian Selatan seperti Padang Sidimpuan, Tapanuli Selatan, Madina, Palas, Paluta yang nota bene adalah muslim dan muslimah turut hadir dan turut serta membawakan doa permohonan untuk kemajuan seluruh Keluarga Besar Lumban Sormin dimana pun berada dan berkarya hingga generasi anak cucu yang akan datang.  Dibedakan oleh agama dan dipersatukan oleh darah, yaitu marga Siregar Silo Sormin.

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan yang hadir di puncak acara MInggu (28/12) dalam sambutan mengurai panggilannya untuk mengabdi dan membangun Kabupaten Tapanuli Utara.  Semenjak dilantik sebagai Bupati telah melakukan beberapa tindakan tahun 2014 diantaranya :
  • mengembalikan para guru yang berada di birokrasi pemerintahan ke habitatnya sebagai guru;
  • menyatukan kembali keluarga PNS yang terpisah tempat kerja;
  • memperkuat Pemerintahan Desa dengan menambah besaran dana pembangunan desa hingga Rp 60 juta rupiah;
  • melaksanakan fit and propert test bagi PNS yang akan diangkat pada berbagai jabatan struktural.

Sementara untuk tahun 2015, Bupati Nikson Nababan menyampaikan telah mengambil kebijakan dan keputusan diantaranya :
  • memperkuat Pemerintahan Desa dengan menambah besaran dana pembangunan desa hingga Rp 10 juta rupiah;
  • meningkatkan mutu layanan Rumah Sakit Umum Tarutung melalui peningatkan layanan, peningkatan kesejahteraan para medis dan tenaga medis;
  • pemberian bantuan pupuk bersubsidi kepada petani melalui Perusda Pertanian yang pengembalian atau pembayaran dilakukan pasca panen;
  • membebaskan biaya pendidikan tingkat SD, SMP dan SMA sejak Januari 2015.
  • mewujudkan sekolah unggulan tingkat SD dan SMP di setiap kecamatan se-Kabupaten Taput
Diakhir sambutan Bupati Drs. Nikson Nababan mengajak segenap warga masyarakat dan secara khusus perantau asal Lumban Sormin untuk turut ambil bagian dan secara bersama-sama dengan Pemerintah Daerah mewujudkan pembangunan Kabupaten Taput.

Peristiwa syukur dan partangiangan Keluarga Besar Lumban Sormin dihadiri utusan perantau dari setiap Propinsi se- Indonesia dari Sumatera hingga Papua.

Turut hadir dalam acara ini Ir. Poltak Pakpahan anggota DPRD Kabupaten Taput yang juga bere dari Keluarga Besar Lumban Sormin.

Photo liputan :


Video Sambutan Bupati Taput :


Tidak ada komentar: