"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Rabu, 03 Februari 2016

Bupati Taput Hadiri Bakti Sosial Oleh YSKI di Muara

Rabu, 03 Pebruari 2016. Bupati Taput Drs. Nikson Nababan bersama Ketua DPRD Taput Ottoniyer Simanjuntak dan para pimpinan SKPD Taput menghadiri kegiatan bakti sosial yang diadakan oleh Yayasan Surya Kebenaran Internasional bertempat di halaman SD Negeri No. 173347 Bunturaja Desa Sitanggor Kecamatan Muara.


Dalam acara bakti sosial, R.E Nainggolan selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Surya Kebenaran Internasional menjelaskan bahwa YSKI merupakan suatu yayasan yang bergerak di bidang keagamaan, sosial dan kemanusiaan, telah melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan di berbagai daerah dan kali ini datang ke Muara dengan membawa tim dokter yang terdiri dari 14 dokter, koordinator kemanusiaan dan perangkat YSKI mengerjakan bakti sosial terutama bidang kesehatan bagi masyarakat.

Bakti sosial di Muara ini, kata R.E Nainggolan dilakukan dengan membuka pengobatan gratis kepada masyarakat, pemberian kacamata baca bagi warga yang telah berusia 50 tahun keatas, pemberian buku bacaan kepada para pelajar, pemberian minyak goreng bagi lansia, pemberian susu dan makanan suplemen bagi anak-anak, perlengkapan mandi serta pembagian alkitab bagi warga beragama kristen yang merupakan agama mayoritas di Kec. Muara.

Dalam kata sambutannya R.E. Nainggolan memandang lokasi Muara yang sangat potensial dibidang pariwisata dan terkenal dengan buah mangga yang menjadi buah andalan perlu memikirkan bagaimana agar para wisatawan bisa lebih tertarik lagi, misalnya dengan membuat sanggar seni tari. R.E Nainggolan juga mengapresiasi infrastruktur jalan yang mulai mendapatkan perhatian seperti pelebaran dan perbaikan jalan.

Sementara itu Bupati Taput Drs. Nikson Nababan dalam acara tersebut menyampaikan terimakasih pada YSKI yang telah melakukan kegiatan bakti sosial di Muara dan berharap kegiatan seperti ini terus dapat dilakukan. Kegiatan bakti sosial YSKI merupakan bentuk peran bantuan organisasi atau lembaga yang dilakukan untuk membantu pemerintah dalam melayani masyarakat.

Terkait permintaan dari masyarakat Muara yang sebelumnya telah disampaikan Kepala Desa Sitanggor Sangkar Rajagukguk, Bupati Taput mengatakan semua permintaan yang disampaikan masyarakat akan dipenuhi. Jalan lingkar atau jalan tembus, perlengkapan dan peralatan pertanian yang menjadi hal utama yang diminta masyarakat akan disanggupi. "Jalan tembus, alat semprot, pupuk bersubsidi bayar pasca panen pasti disediakan. Pupuk bersubsidi tersebut bisa disalurkan melalui kelompok tani, jika belum ada disini segera bentuk," ujar Bupati.

"Mulai tahun ini selesai pembuatan jalan tembus hotmix yang menghubungkan muara dengan berbagai daerah. Saat bertemu dengan balai jalan dari pusat saya sudah menjelaskan tentang jalan-jalan di Taput termasuk jalan provinsi yang menghubungkan muara, mudah-mudahan pengerjaannya cepat terlaksana," lanjut Bupati. "Berhubungan dengan pembuatan dan pelebaran jalan serta pembangunan puskesmas kita harus bersinergi, agar masyarakat bisa merelakan tanahnya sehingga pembangunan tersebut dapat terwujud," tambahnya.

Dalam acara tersebut perwakilan masyarakat Muara memberikan ulos kepada Bupati Taput dan R.E Nainggolan. Bupati Taput juga memberikan ulos kepada perwakilan tim dokter Drg. Anita, sebagai ungkapan rasa terimakasih bupati atas bakti sosial yang telah dilakukan tim dokter tersebut.

Terkait dengan informasi yang diterima R.E Nainggolan tentang bencana yang dialami oleh masyarakat Saitnihuta Tarutung dan Purbatua, R.E Nainggolan memberikan bantuan 100 lembar seng dan paku seng. "YSKI adalah yayasan nonprofit jadi keuangan di yayasan tergantung kepada pemberi donasi dan kami menyalurkannya kembali kepada masyarakat. Jadi hanya inilah yang bisa kami berikan, jangan dilihat dari jumlahnya tapi lihatlah sebagai bentuk kepedulian kami," ujarnya.

Selanjutnya Bupati bersama dengan R.E Nainggolan mengunjungi satu persatu tempat kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh YSKI.

Photo Liputan :


Tidak ada komentar: