"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Kamis, 27 Oktober 2016

Membebaskan Dusun dan Desa Terluar Kecamatan Simangumban Dari Ketertinggalan

Rabu-Jumat 26-28 Oktober 2016 Bupati Taput Drs.  Nikson Nababan melakukan kunker ke Kec.  Simangumban diiringi oleh para Pimpinan SKPD.

Kunker Bupati kali ini untuk meninjau gotong royong dan bertemu dengan masyarakat di Desa Dolok Sanggul,  Desa Lobu Sihim,  Desa Dolok Saut,  Deda Pardomuan,   guna menjaring aspirasi masyarakat terkait permasalahan-permasalahan yang masih dialami oleh masyarakat di masing-masing desa khususnya dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat, sekaligus meninjau pembukaan jalan yang sedang berlangsung di Kec.  Simangumban.

Kepada masyarakat keempat desa Bupati menyampaikan,  bahwa dalam periode kepemimpinannya sebagai Bupati Taput,  Pemkab akan menuntaskan berbagai hambatan yang dialami oleh masyarakat.

"Kami,  dalam periode kepemimpinan kami akan menembuskan setiap desa agar dapat dilalui kenderaan roda empat, semua desa harus dapat merasakan arti kemerdekaan" ujar Bupati dalam sambutan di Dusun Dano Butar Desa Lobu Sihim.

Bupati juga prihatin dengan kondisi penerangan listrik, dimana rumah penduduk sebahagian besar baru menggunakan fasilitas tenaga surya, dan belum seluruh rumah penduduk memilikinya, dan baru dinikmati oleh masyarakat semenjak tahun 2014 (tahap pertama) dan 2016 (tahap kedua), dan diakui masih belum mencukupi untuk berbagai kebutuhan rumah tangga masyarakat.

"Kalau di dusun/desa ini ada air terjun,  mungkin dapat kita bangun pembangkit listrik dengan tenaga turbin, agar kepada kami dapat diinformasikan, " harap Bupati.

Terkait pendidikan di Dusun Dano Butar, dimana SD hanya sampai kelas 5, Bupati memerintahkan Kadis Pendidikan agar menambah kelas hingga kelas 6.

"Kadis pendidikan, agar menambah personil dan perangkat pendukung,  SD di desa ini sampai kelas enam," perintah Bupati.

Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk selalu bersabar,  selalu berdoa agar pembangunan Taput dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya.

"Mudah-mudahan dengan pembukaan jalan ini akan dilanjutkan dengan perkerasan pada tahun tahun mendatang, kita lakukan secara bertahap, mari kita tetap bersatu untuk membangun Taput dengan gotong royong."  ajak Bupati kepada masyarakat di Desa Pardomuan.

Bupati juga mengingatkan  masyarakat agar jangan menebang pohon secara berlebih, "mari kita jaga dan lestarikan," ajak Bupati.

Dalam acara pertemuan dengan masyarakat,  Bupati menyerahkan bantuan,  seperti buku dari Dinas Dikbud kepada siswa SD,  alat olahraga dari Dinas Pemuda dan Olahraga kepada sekolah dan karang taruna, alat petanian dari Dinas Pertanian kepada kelompok tani, dan tidak ketinggalan pelayanan penerbitan dokumen kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Catpil serta penyuluhan pembuatan pupuk dan pakan ternak oleh instansi yang membidangi pertanian.

Saat berita ini dirilis Bupati bersama rombongan sedang berada di Desa Dolok Saut dan akan menginap di rumah-rumah penduduk setempat sebagaimana malam sebelumnya dilewatkan di Desa Lobu Sihim, merasakan dan menikmati kondisi yang dialami olem masyarakat setempat.

Photo
Posting Komentar