"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Sabtu, 12 November 2011

Tapanuli Utara Akan Selenggarakan Natal Bona Pasogit 2011 di Tarutung



Menurut Catholic Encyclopedia, pesta Natal pertama kali di sebut dalam “Depositio Martyrum” dalam Roman Chronograph 354 [edisi Valentini-Zucchetti (Vatican City, 1942) 2:17). Dan karena Depositio Marrtyrum ditulis sekitar tahun 336, maka disimpulkan bahwa perayaan Natal dimulai sekitar pertengahan abad ke-4. Kita juga tidak tahu secara persis tanggal kelahiran Kristus, yang diperkirakan sekitar 8-6 BC. St. Yohanes Chrysostom berargumentasi bahwa Natal memang jatuh pada tanggal 25 Desember, dengan perhitungan kelahiran Yohanes Pembaptis. Karena Zakaria adalah iman agung dan hari Atonement jatuh pada tanggal 24 September, maka Yohanes lahir tanggal 24 Juni dan Kristus lahir enam bulan setelahnya, yaitu tanggal 25 Desember. (sumber: New Catholic Encyclopedia, Vol. 3: Can-Col, 2nd ed. (Gale Cengage, 2002), p.655-656.)
(selengkapnya baca di www,katolistas.org



Natal Bona Pasogit

Akhir tahun merupakan saat yang tepat bagi para anak rantau atau perantau asal Bona Pasogit untuk pulang ke kampung halaman masing-masing, menjadi momen menjalin silaturahmi sehingga tidak pernah terputus komunikasi diantara kedua belah pihak, dan akan dijadikan pula sebagai moment untuk berbagi (sharing) demi pembangunan bona pasogit.

Natal Bona Pasogit yang akan diselenggarakan di Tarutung. Kabupaten Tapanuli Utara Prov. Sumatera Utara pada 25 Desember 2011 hingga 3 Januaei 2012 dimaknai sebagai upaya menabur kasih diantara warga bona pasogit dengan para anak rantau atau perantau yang berasal dari Bona Pasogit.
Kegiatan Natal Bona Pasogit di Tarutung Tapanuli Utara akan diisi dengan berbagai kegiatan, meliputi

1. Ibadah/Kebaktian 
Penyalaan Lilin Natal



Natal Bona Pasogit akan diawali dengan ibadah atau kebaktian natal, dimaksudkan untuk membangun suatu sukacita besar bagi segenap penduduk atau warga di Bona Pasogit, Dengan bertumbuhnya sukacita ini diharapkan dapat menambah kokohnya keimanan warga, dan dapat melanjutkan seluruh rangkaian kegiatan natal dalam suka cita yang besar,

2. Pameran Natal
Stand Pameran Natal
Mengunjungi Stand Pameran Natal
 Natal Bona Pasogit hendak mengajak seluruh warga di Bona Pasogit juga para anak rantau atau perantau yang hadir dalam perayaan ini untuk melihat isi stand yang menggambarkan berbagai kisah atau kejadian yang dinyatakan Alkitab.

Terdapat lebih kurang 35 stand yang akan dibuat oleh berbagai elemen, dan kesemuanya mengikuti thema-thema yang telah ditentukan oleh panitia.

3. Pawai Natal


Pawai Natal

Kegembiraan Pawai Natal bersama anak
Pawai Natal adalah manifestasi keceriaan atau sukacita segenap warga Bona Pasogit menerima Natal, tergambarkan dengan melakukan perjalanan panjang mempergunakan berbagai jenis kenderaan dari seluruh wilayah atau setidaknya dari 15 kecamatan se-Tapanuli Utara menuju Tarutung ibukota kabupaten Tapanuli Utara, yang mana setiap peserta kecamatan akan bergabung dengan peserta pawai kota Tarutung di setiap persimpangan masuk kota Tarutung dan menjadi barisan pawai menjalani ring road kota Tarutung.

4. Sinterklas


Kelompok Sinterklas dalam pawai Natal
 Telah menjadi trend perayaan natal bahwa Sinterklas selalu hadir.  Sinterklas dalam Natal Bona Pasogit akan ikut meramaikan stand pameran dan  Pawai Natal,  Sinterklas akan mengambil peran sebagai yang meneruskan kasih bagi siapa saja yang bertemu dengannya.  Menurut tradisi, St Nikolaus dihubungkan dengan pemberian hadiah-hadiah pada masa Natal.
Apakah Sinterklas sungguh ada ? baca di sini 

5. Atraksi Meriam Bambu


Permainan Meriam Bambu juga milik orang dewasa

Memanaskan Meriam Bambu

Bona Pasogit kaya dengan tumbuhan pohon bambu.  Telah menjadi tradisi yang cukup lama, anak-anak di Bona Pasogit sangat senang memainkan bambu dengan menjadikannya sejenis meriam.  Umumnya permainan meriam bamtu dilakukan oleh anak-anak di Bona Pasogit pada menjelang Natal dan akhir tahun.  Mengadopsi dari kebiasaan itu, Natal Bona pasogit ini pun diisi dengan permainan ini dengan menghadirkan para anak-anak sekolah yang gemar bermain meriam banmbu dan diperkirakan mencapai 250 meriam yang akan dipasang di tanggul sungai Aek Sigeaon Tarutung secara berhadap-hadapan bagaikan sedang berperang.

Diharapkan dari permainan atraksi meriam bambu ini akan lebih menambah keceriaan natal di Bona Pasogit. 

6. Kuliner khas Bona Pasogit



Natal Bona Pasogit mengharapkan tumpah ruahnya warga se-Kabupaten Tapanuli Utara melihat dan mengikuti berbagai kegiatan yang ada.  Sedemikian sangat relevan untuk menyediakan berbagai makanan atau kuliner ringan yang menjadi industri rumah tangga di Tapanuli Utara, seperti Tipa tipa, Kembang Loyang, Sasagun, Putu, Cendol.

Dari kegiatan kuliner diharapkan akan lebih mengangkat nilai industri rumah tangga ini,  kedepan diharapkan akan dapat mengangkat nilai ekonomi rumah tangga para penggiat industri ini.

7. Lomba Memasak kue khas natal (Lomba Memasak Alame)


Memasak Alame

Sudah menjadi pengetahuan umum di Bona Pasogit  bahwa Natal selalu dihiasi oleh jenis makanan ringan "Alame", namun beberapa tahun belakangan ini industri rumah tangga yakni Alame di Bona Pasogit semakin menurun tergantikan oleh produk sejenis dari luar daerah, bahkan hampir terlupakan menghidangkannya di masa Natal dan Tahun Baru.

Membaca kondisi ini, Penyelenggara Natal Bona Pasogit membangun kerinduan kembali menikmati makanan ringan "Alame" ini, dengan menyelenggarakan lomba memasak Alame bagi masyarakat Bona Pasogit.  Diharapkan akan ada peserta sebanyak 20 tim, dan setiap harinya akan diperlombakan sebanyak 5 (lima) tim masak.

8.  Pemilihan Putera Puteri Bona Pasogit


Dari semenjak masa lalu hingga saat sekarang ini, keunikan, kekhasan dan kecantikan serta kemampuan berpikir dan daya nalarnya yang tinggi dari putra putri Bona Pasogit tidak tersangsikan lagi.

Menyadari hal ini, penyelenggara Natal Bona Pasogit bermaksud lebih menggairahkan putra-putri Bona Pasogit untuk menampilkan kebolehannya dalam suatu pagelaran mode memakai pakaian pesta dan pernikahan.  Diharapkan akan terjaring putra-putri terbaik tahun 2011.  

9.  Festival Vocal Group


Vocal Group

Tak bisa disangkal bahwa alam Bona Pasogit yang indah yang berhiaskan gunung dan lembah sangat mewarnai alunan musik dan suara tembang dari Bona Pasogit.  Banyak kisah yang telah mengangkat nama penyanyi asal Bona Pasogit baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Vocal Group menginginkan adanya kesatuan dan keharmonisan vocal diantara beberapa penembang, sehingga dari kesatuan dan keharmonisan vocal ini menghasilkan alunan suara yang sangat indah dinikmati para pendengarnya, dan Bona Pasogit hampir tak pernah kehabisan para pemilik vocal yang indah.

Penyelenggara Natal Bona Pasogit mengharapkan munculnya sosok-sosok baru dalam dunia musik lokal dan nasional yang akan dapat memperkaya kepiawaian putra-putri bona pasogit dalam olah suara, sehingga diselenggarakan lomba ini.

10.  Festival Paduan Suara


Kelompok Pauan Suara Mengalunkan Madah Pujian

Dalam lingkup Gerejani, tak bisa dipungkiti bahwa banyak kelompok-kelompok paduan suara gereja di Bona Pasogit. Adalah merupakan keindahan tersendiri apabila kelompok paduan suara dari berbagai komunitas gereja atau wilayah ini dapat dipertemukan sekaligus diperlombakan untuk lebih meningkatkan rasa persaudaraan sekaligus mencoba menghibur seluruh pengunjung pada Natal Bona Pasogit.

Tidak ada komentar: