"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Minggu, 27 November 2011

Pemkab Tapanuli Utara akan Operasikan MPLIK

Kementerian Komunikasi Republik Indonesia melalui program Kewajiban Layanan Universal Telekomunikasi Tahun 2011 telah menyediakan sebanyak 1907 unit MPLIK yang disebar ke berbagai Kabupaten/Kota di Indonesia melalui pihak ketiga sebagai pengelola.


MPLIK (Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan) adalah sarana internet bergerak, yang perunitnya terdiri dari satu unit server dan 6 unit laptop yang dilengkapi dengan perangkat VSAT (Very Small Aperture Terminal) sebagai saluran internet, dan diharapan MPLIK dapat mengikis digital divide yang ada di Indonesia.

Kabupaten Tapanuli Utara melalui suatu perjanjian kerjsama dengan PT. Wira Eka Bhakti (Web) telah menerima tiga unit MPLIK dan akan dioperasikan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tapanuli Utara.

Bupati Tapanuli Utara, Torang Lumbantobing setelah menerima ketiga MPLIK memberikan instruksi kepada Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tapanuli Utara untuk segera melakukan ujicoba di lapangan sekaligus mempersiapkan atau mematangkan para operator MPLIK dimaksud.

Secara tegas Bupati Tapanuli Utara menyatakan agar selama masa uji coba bulan Nopember dan Desember 2011, menjadwalkan kunjungan ke sekolah-sekolah, khususnya tingkat SMP dan SMA/SMK di Tapanuli Utara dan menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Utara.

Menanggapi instruksi Bupati dimaksud, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tapanuli Utara, Drs. Humala Hutauruk menugaskan segera Kepala Bidang Informatika  melaksanakan ujicoba ke SMP Negeri 3 Sipoholon.

Di lokasi uji coba pertama ini ditemui kenyataan antusiasme yang sangat tinggi dari para siswa untuk memanfaatkan fasilitas teknologi internet ini.

Kepala Bidang Informatika Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika dalam penjelasan singkat menyampaikan harapan, kiranya sekolah yang dikunjungi akan memberikan respon terbaik saat dikunjungi, sehingga para siswa dapat memanfatkan sarana MPLIK ini menunjang percepatan peningkatan pengetahuan para siswa.

Photo MPLIK dan kunjungan MPLIK
=

Tidak ada komentar: