"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Senin, 21 April 2014

Bupati Nikson Nababan : Mari Berpikir dan Berjuang Untuk Membangun Masyarakat Taput

Sekda-Bupati-Wabup
Senin 21 April 2014, Bupati Taput Drs. Nikson Nababan bersama Wakil Bupati Drs. Mauliate Simorangkir pimpin Rapat Koordinasi ASN khusus Pejabat Struktural (tingkat kabupaten hingga kelurahan) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara di Aula Kantor Bupati Jl. Suprapto Tarutung.


Rapat koordinasi dimoderasi Plt. Sekda Drs. H. P. Marpaung membicarakan arah dan tujuan pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara dalam jangka menengah (2014-2019) dengan menyesuaikan kepada visi dan misi Bupati/Wakil Bupati masa 2014-2019.

Bupati Drs. Nikson Nababan dalam pembukaan sebelum menyampaikan poin point arahan mengajak seluruh jajaran birokrasi di lingkungan Pemkab Taput, yaitu :
  1. memahami persoalan mendasar bagi Taput saat ini adalah menghadapi masa depan khususnya menyiapkan generasi muda Taput agar tidak mengalami lost generation;
  2. melakukan optimalisasi pembangunan Taput;
  3. pembangunan yang dilakukan adalah untuk memampukan generasi muda Taput bersaing pada masa yang akan datang;
  4. membuka hati dan pikiran birokrasi untuk pembangunan sehingga masyarakat Taput siap menghadapi masa yang akan datang;
  5. sesulit apa pun pekerjaan asal saling bergandengan tangan akan dapat dilakukan (jadilah pelopor dan bukan pelapor);
Wakil Bupati Drs. Mauliate Simorangkir, M.Si selanjutnya membacakan pointer arahan Bupati dalam persiapan dan penyelenggaraan roda pemerintahan Taput untuk masa 2014-2019, menggarisbawahi hal-hal sebagai berikut :
  1. berpijak kepada UU No. 32 Thn 2004 ttg Pemda, Pemda sesuai dengan kewenangannya melakukan kegiatannya kepada kepentingan pembangunan masyarakat dengan memperhatikan "clean and good government", memaksimalkan potensi daerah untuk pembangunan masyarakat, melakukan telaah atas keadaan dan kendala saat ini untuk menemukan solusi percepatan pembangunan, membuat kebijakan untuk percepatan dan pemberhasilan implementasi di lapangan, meningkatkan kualitas pelayanan publik untuk kesiapan menghadapi "ASEAN Community" sedemikian maka daya saing masyarakat akan tertingkatkan.
  2. melakukan revitalisasi untuk peningkatan capaian dibidang pendidikan, kesehatan, pertanian, dlsb;
  3. mengoptimalisasi sumber daya alam untuk pencapaian dan peningkatan pendapatan asli daerah;
  4. meningkatkan sarana dan prasarana transportasi;
  5. meningkatkan daya saing pariwisata melalui seni dan budaya;
  6. menelaah proses perijinan;
  7. mereposisi APBD 2014;
  8. mempercepat penetapan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan grand design pembangunan Taput;
  9. meningkatkan kualitas SDM ASN melalui pelatihan dan pendidikan lainnya.
  10. menata Pemerintahan Desa untuk pengembangan masyarakat;
  11. menjunjung amanah/kepercayaan masyarakat kepada Bupati/Wakil Bupati;
  12. menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk pembangunan Taput.
  13. sebagai penyelenggara negara menjadi kewajiban "datang untuk mangapusi ilu ilu dan pajongjong tugu namangolu di Taput.
Selanjutnya Bupati Drs. Nikson Nababan menggariskan tindakan segera yang harus dilakukan oleh seluruh SKPD termasuk Kecamatan yaitu :
  1. "segera menata ulang kebersihan lingkungan baik di area pasar, rumah sakit, jalan raya (saluran air/got/parit), perkantoran, sekolah dengan melakukan pertanaman jenis tumbuhan apotik hidup";
  2. Setiap pergantian kepemimpinan pasti akan ada reposisi pejabat, hal itu agar tidak dijadikan beban atau kecemasan dikalangan birokrasi, karena  reposisi dilakukan untuk mewujudkan the right man on the right place, dan untuk melakukan itu akan dilihat kepada senioritas dan hasil fit and propert test (kemampuan dan kepatutan) yang akan dilakukan nantinya.
  3. menghijaukan Taput dengan cara menghentikan penebangan pohon (tidak menerbitkan ijin penebangan);
  4. melaporkan hal-hal faktual dan aktual 2014 disetiap SKPD;
  5. menugaskan Wakil Bupati melakukan penataan birokrasi khususnya kepada para ASN yang terpisahkan dari keluarganya dan yang mengalami penurunan pangkat selambatnya Juni 2014;
  6. Mempersiapkan RPJMD Taput 2014-2019;
Sebelum mengakhiri rapat, Bupati Drs. Nikson Nababan mengajak "Mari berpikir dan berjuang untuk masyarakat agar harapan hidup lebih baik dari hari ini di hari yang akan datang".

Tidak ada komentar: