"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 21 Agustus 2015

Pemkab Taput Adakan Sosialisasi Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah

Kamis, 20 Agustus 2015.  Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara mengadakan Sosialisasi Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah di Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Anggaran 2015 bertempat di Aula Kantor Bupati, Jl. Soeprapto No.1 Tarutung.  Kegiatan sosialiasi tersebut dilaksanakan tgl 20-21 Agustus 2015 diikuti PNS yang mempunyai Tupoksi dibidang penyusunan program setiap SKPD.


Bupati Tapanuli Utara dalam sambutan tertulis yang dibacakan Ass. Pemerintahan Drs. HP Marpaung mengatakan bahwa sesuai amanat Peraturan Presiden nomor 29 tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Peraturan Pemerintah nomor 8 tahun 2006 tentang pelaporan keuangan dan kinerja instansi pemerintah, dimana secara filosofi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) perlu dilaksanakan sebagai alat ukur untuk mengetahui kemampuan organisasi dalam mencapai visi dan misi serta tujuan organisasi, dimana hasil yang dicapai akan menjadi media evaluasi yang efektif bagi upaya dan sarana perbaikan kinerja instansi pemerintah.  Setiap instansi pemerintah diwajibkan untuk menyusun rencana strategi lima tahunan serta laporan kinerja instansi pemerintah pada setiap akhir tahunnya. 

Salah satu permasalahan yang selama ini timbul dalam implementasi sistem AKIP adalah ketidakselarasan perencanaan antara skpd dengan perencanaan yang dibuat oleh pemerintah daerah bahkan oleh perencanaan yang bersifat nasional.

Salah satu agenda reformasi birokrasi yaitu program penguatan akuntabilitas kinerja yang disandingkan dengan pengembangan sistem manajemen kinerja organisasi dan kewajiban untuk menyusun Indikator Kinerja Utama (IKU) sebagai alat ukur.  Pengukuran kinerja menjadi sangat penting, karena tanpa ukuran kinerja sesungguhnya kita tidak tahu dimana kita berada dan apa yang telah dihasilkan. Hanya dengan pengukuran kinerja kita tahu apakah kita berhasil atau gagal, sehingga kita dapat belajar dari keberhasilan atau kegagalan tersebut.

Perbaikan sistem manajemen pemerintahan merupakan agenda penting dan strategis dalam reformasi tatanan pemerintahan. sistem manajemen pemerintahan dimaksud berfokus pada peningkatan akuntabilitas dan sekaligus peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil (outcome), yang dikenal dengan sistem AKIP.

Sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah diimplementasikan secara self assesment oleh masing-masing instansi pemerintah, hal ini dapat diartikan instansi pemerintah melakukan tahap-tahap dalam sistem tersebut secara mandiri, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengukuran, pemantauan dan pengendalian hingga menyampaikan laporan akuntabilitas kinerja kepada instansi yang lebih tinggi.

Upaya penguatan akuntabilitas dan peningkatan kinerja organisasi pemerintah, diarahkan agar setiap instansi pemerintah dapat mengelola dan mempertanggungjawabkan kinerjanya secara akuntabel dan lebih baik, melalui penerapan manajemen kinerja yang berorientasi pada hasil secara sistimatis dan sungguh-sungguh.

“Kedepan saya berharap kita satukan tekad agar secara bertahap SKPD di Kabupaten Tapanuli Utara tidak lagi rendah tingkat akuntabilitasnya atau tidak jelas kinerjanya.  Kita harus merubah paradigma tidak lagi berpikir hanya untuk sekedar menghabiskan anggaran dan melaporkan realisasi penggunaan anggaran setiap akhir periode, namun yang lebih penting adalah kinerja apa yang dihasilkan dan dipertanggung jawabkan pada akhir periode, fokus kita harus pada manfaat”.

“Sekali lagi saya tekankan bahwa kualitas informasi dalam laporan kinerja instansi pemerintah sangat tergantung dari perencanaan stratejik, penetapan kinerja dan pengukuran kinerja yang dibangun dalam suatu instansi/unit kerja.  Penerapan secara utuh dan komprehensif sangatlah tergantung pada komitmen dan keseriusan dari semua pihak khususnya dari saudara-saudara peserta sosialisasi ini.  oleh sebab itu saya mengharapkan agar saudara-saudara sekalian memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan pemahaman kita mengenai AKIP secara mendalam dan komprehensif, khususnya dalam penyusunan laporan kinerja instansi pemerintah dan laporan kinerja Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara tahun 2015”, ajak Bupati Taput.

Sebagai narasumber hadir dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI dan juga dari Biro Organisasi Setdaprov Sumatera Utara. Turut hadir Ass. Ekbang Drs. Parsaoran Hutagalung, para Staf Ahli serta PNS di lingkungan Pemkab Taput.

Photo liputan :

Tidak ada komentar: