"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Kamis, 21 Juli 2011

Bupati Tapanuli Utara Lantik Penjabat Kepala Desa Sigotom Dolok Nauli

Bupati Tapanuli Utara, Torang Lumbantobing Kamis (21/7-2011) meresmikan desa baru di Kecamatan pangaribuan, Desa Sigotom Dolok Nauli, pemekaran dari Desa Sigotom..
Pembentukan Desa Sigotom Dolok Nauli didasari kepada Perda Kabupaten Tapanuli Utara Nomor 01 Tahun 2011

Selain peresmian desa, Bupati Tapanuli Utara sekaligus juga melantik Edison Tambunan sebagai Penjabat Kepala Desa Sigotom Dolok Nauli.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Utara, para pimpinan SKPD Kabupaten Tapanuli Utara, Ketua Tim PKK Kabupaten Tapanuli Utara, ibu Lumbantobing Elly Manalu, Camat dan unsur Muspika Kecamatan Pangaribuan, Masyarakat Desa Sigotom dan perantau asal Desa Sigotom.

Bupati Tapanuli Utara, Torang Lumbantobing dalam arahan peresmian dan pelantikan menggarisbawahi pentingnya kesatuan dan persatuan warga untuk mengisi dan membangun desa yang baru dibentuk, karena pembentukan desa saat ini tidaklah berhenti pada saat peresmian dan pelantikan Penjabat Kepala Desa.  Peresmian dan pelantikan adalah merupakan awal untuk melakukan perubahan dan pembangunan ekonomi rmah tangga masyarakat di Sigotom Dolok Nauli ke arah yang lebih baik.

Bupati secara tegas mengajak seluruh komponen masyarakat desa Sigotom Dolok Nauli untuk memanfaatkan waktu dan menyerukan "PARHASEANG TIKKI, TIME IS MONEY".  Ditegaskan oleh Bupati, tanpa pemanfaatan waktu yang tersedia ini, maka ekonomi rumah tangga tidak akan pernah dapat tertingkatkan.

Bupati juga meminta kepada Penjabat Kepala Desa, Edison Tambunan, agar dengan segera mengkonsolidasi pemerintahan desa, sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik di desa dapat dengan segera terselenggara, dan sekaligus melakukan persiapan pesta demokrasi di desa selambatnya satu tahun, menyelenggarakan pemilihan kepada desa, dan pada saatnya, pemilihan kepala desa nantinya tidak akan menimbulkan perpecahan melainkan mewujudkan kesatuan dan persatuan untuk membangun.

Poltak Pakpahan, Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Utara yang juga asal Dapil Pangaribuan, pada kata sambutannya dengan lugas menyampaikan akan kepedulian Bupati Tapanuli Utara untuk mengangkat dan melaksanakan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Utara, memutus mata rantai yang panjang dalam proses penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, khususnya di tingkat perdesaan, sehingga Bupati bersama-sama dengan DPRD Kabupaten Tapanuli Utara dapat memproses perwujudan pembentukan desa ini.  Dan oleh karenya, wajar dan patut apabila warga masyarakat Sigotom Dolok Nauli yang meminta pemekaran desa akan berjuang dengan sungguh-sungguh membangun Sigotom Dolok Nauli.

Sementara itu, anak rantau asal Sigotom Dolok Nauli dalam sambutan peresmian dan pelantikan ini, merasa sangat bangga dan terharu, karena mereka tidak bermimpi Sigotom Dolok Nauli akan menjadi suatu desa otonom seperti masa ini.  Atas perwujudan ini, anak rantau lebih berkeyakinan lagi, Sigotom Dolok NAuli akan lebih maju ke depan, dengan syarat seluruh komponen masyarakat mau dengan yakin mendukung pemerintahan desa hingga pemerintahan kabupaten.

Anak rantau asal Sigotom Dolok Nauli meminta kepada segenap warga desa, agar membuatkan perencanaan pembangunan desa dengan segera, secara khusus, agar mengajukan proposal pembangunan jalan desa kepada seluruh perantau desa, sedemikian, akan terwujudkan percepatan pembangunan jalan ke desa Sigotom Dolok Nauli yang saat ini masih jalan tanah.

Sementara Camat Pangaribuan pada saat laporan penyelenggaraan peresmian, memaparkan kondisi yang ada di Sigotom Dolok Nauli, yang sangat minim sarana dan prasarana seperti sarana kesehatan, dan pendidikan.  Kedepan diharapkan, setelah peresmian desa, sarana pendidikan untuk tingkat SD akan dapat disediakan, dengan meningat jarak tempuh sekolah terdekat dari desa ini sejauh 4 km.

Atas bangga dan haru yang menyelimuti warga desa Sigotom Dolok Nauli, kepada Bupati Tapanuli Utara  dan Ibu Elly Manalu , Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara, Fernando Simanjuntak, Sekdakab Tapanuli Utara, Drs. Sanggam Hutagalung, MM, Anggota DPRD asal Kecamatan Pangaribuan, Camat Pangaribuan, Kepala Desa Godung Borotan, Tokoh Masyarakat Godung Borotan, Anak Rantau Sigotom Dolok Nauli diberikan seperangkat Ulos Adat.

Photo-photo peresmian dan pelantikan


Audio :
 

Tidak ada komentar: