"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Kamis, 04 April 2013

Bupati Ajak Masyarakat Bangun Pendidikan Kec. Adiankoting

Bupati serahkan Piagam penghargaan dan Hadiah
Rabu 3 April 2013 Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing mengajak masyarakat Kecamatan Adiankoting untuk turut berpacu membangun pendidikan di Kecamatan Adiankoting.  Hal itu disampaikan Bupati pada penyelenggaraan Temu Pendidikan dalam rangka pemberangkatan siswa Kelas IX dan XII se-Kecamatan Adiankoting di kampus SMA Negeri Adiankoting.


Dalam bimbingan dan arahan sekaligus merespon berbagai permohonan Kepala Sekolah se-Kecamatan Adiankoting dan saran, pendapat, pertanyaan para siswa serta orang tua siswa yang hadir pada kesempatan temu pendidikan ini, Bupati mengucapkan terimakasih atas usaha dan upaya yang telah didlakukan masing-masing sekolah dalam mempersiapkan para siswa menghadapi Ujian akhir Sekolah dan Ujian Nasional.  Bupati juga meminta agar setiap sekolah mempertahankan dan meningkatkan pelaksanaan proses belajar mengajar setiap harinya. 

Kepada para orang tua siswa yang turut hadir dalam temu pendidikan ini, Bupati mengingatkan bahwa pemberhasilan pendidikan anak besar peran dari para orang tua siswa, karena waktu yang dimiliki siswa lebih banyak bersama dengan keluarga sendiri.  Bupati mengingatkan, bahwa anak ke sekolah bukan untuk mengejar lembaran izajah melainkan untuk mengasah kemampuan akademik dan membangun kehidupan sosial anak yang berkarakter, yakni kekuatan dalam etika, kekuatan dalam mental, dan kekuatan dalam moral.

Untuk memberhasilkan rencana pembangunan pendidikan ini, Bupati mengingatkan, tidak cukup hanya mengandalkan tekad semata, namun harus meresapi dan melaksanakan makna filosofi bangso Batak, “Anakhonhi do hamoraon di ahu”.  Karena tanpa melaksanakan filosofi itu dikhawatirkan akan terjadi “sala mandasor sega luhutan”.  Oleh karenanya juga, Bupati mengajak seluru warga Tapanuli Utara agar paa keseharian anak selalu mengejawantahkan poda “ paborhat, sise, dan dasdasi” yang bermakna hendaknya setiap orang tua memberangkatkan anaknya ke sekolah setiap harinya dengan baik dari rumah, setiap kepulangan anak dari sekolah hendaknya selalu disapa tentang pendidikannya, dan pada jam-jam lainnya hendaknya anak didorong berkomitmen berhasil dalam pendidikan.

Kepada para siswa kelas IX dan XII Bupati meminta agar memberikan penghargaan tinggi kepada jerih payah yang telah dilakukan oleh masing-masing orang tua dalam mendukung keberhasilan pendidikan masing-masing, pernghargaan itu dengan meraih prestasi akademik yang baik dan memiliki karakter yang baik pula.  Bupati mengingatkan, “kepintaran hendaknya selaras dengan karakter, karena orang pintar yang tidak berkarakter tidak akan mampu hidup alam lingkungan sosial yang kompleks.

Pada kesempatan temu pendidikan ini Bupati memberikan Piagam Penghargaan dan hadiah Buku Tulis kepada para juara umum 1,2, dan 3 dari masing-masing sekolah.  Selain itu Bupati juga memberikan beberapa pasang sepatu kepada siswa yang sepatu sekolahnya telah rusak dan dipakai pada saat sedang pelaksanaan teu pendidikan ini.  Hal ini disambut hangat dan haru oleh para siswa.

Photo liputan :

Tidak ada komentar: