"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Kamis, 04 April 2013

Tujuan Sekolah : Menumbuhkan Kemampuan Akademik dan Membangun Karakter Anak


Para Juara Umum photo bersama
Bupati Tapanuli Utara sebut, ke sekolah bukan untuk mengejar selembar Izajah, melainkan menumbuhkan kemampuan akademik dan sekaligus membangun karakter siswa.



Hal itu disampaikan Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing pada Temu Pendidikan Dalam Rangka  Pemberangkatan Siswa Kelas IX se-Kecamatan Purbatua pada Kamis 4 April 2013 di kampus SMP Negeri 1 Purbatua di Desa Janji Angkola Purbatua.

Pernyataan Bupati ini selain disampaikan kepada para siswa Kelas IX juga kepada para orangtua siswa dan guru menyikapi maraknya informasi di berbagai media, baik media cetak,  media elektronik dan media online yang memberitakan banyaknya kaum muda yang berhadapan dengan masalah hukum sebagai akibat pergaulan bebas, penggunaan obat-obat terlarang, tawuran, sikap mental yang kurang, etika yang kurang dan rendahnya moral.  Bupati menyebut “nunga lam lumlam namasa itingkion” (makin banyak yang rusak di masa kini).

Bupati Torang Lumbantobing yang hadir bersama beberapa pimpinan SKPD dan unsur Muspika Purbatua menanggapi permohonan para Kepala Sekolah, siswa dan orang tua siswa dan tokoh masyarakat Kecamatan Purbatua baik yang menyangkut pendidikan, ekonomi rumah tangga, dan kesehatan masyarakat menyampaikan beberapa solusi.

Pertama, Bupati Tapanuli Utara berkomitmen yang tinggi untuk membangun dan meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Tapanuli Utara, baik melalui pendirian unit sekolah yang baru, penyediaan infrastruktur dan fasilitas pendidikan seperti laboratorium dan perlengkapnnya, perpustakaan dan kelengkapannya, peralatan seni dan budaya.  Sementara penyediaan Guru PNS yang dapat dilakukan adalah melalui mutasi guru dari sekolah yang lebih ke yang kurang/belum memiliki, sedangkan untuk pengangkatan guru baik honorer maupun PNS bukan kewenangan Bupati, Pemerintah Kabupaten hanya dapat mengusulkan kekurangan kepada Menpan dan BKN.

Kedua, infrastruktur jalan ke dan dari sekolah akan menjadi perhatian utama, Pemerintah Kabupaten akan melakukan perbaikan/perkerasan jalan secara bertahap, termasuk rehab bangunan ruang kelas.

Ketiga, peningkatan ekonomi rumah tangga masyarakat, Bupati menyebutkan, bahwa Pemerintah bertindak sebagai fasilitator pembangunan dan masyarakat adalah pelaku langsung pembangunan itu sendiri.  Guna lebih mendongkrak kegiatan pembangunan ekonomi, Pemerintah Kabupaten melakukan penyediaan dan atau perbaikan saluran irigasi persawahan, penyediaan bibit tanaman, menyediakan peralatan teknologi dan lainnya.

Keempat, peningkatan derajat kesehatan masyarakat, Pemerintah Kabupaten memfasilitasi pelaksanaan JAMKESMAS dan bagi yang tidak terakomodir karena keterbatasan kuota peserta maka Pemerintah Kabupaten menyediakan JAMKESDA dengan demikian diharapkan masyarakat dapat secara serta merta mendapatkan pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan pemerintah.

Photo liputan :


Tidak ada komentar: