"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Rabu, 03 April 2013

Paskah Raya di Tapanuli Utara

Perjamuan Kudus
Penyelenggaraan perayaan paskah di kabupaten Tapanuli Utara berjalan dengan lancar, aman dan tertib.


Masa Paskah di Tarutung sudah sangat terasa semenjak Kamis 28 Maret 2013, walau berbeda dengan persiapan Natal, namun kehangatan perayaan ditampakkan warga dengan melakukan perjiarahan seraya membersihkan pekuburan.

Begitu pun dengan Gereja Katolik yang merayakan peristiwa liturgi yang dinamai dengan Kamis Putih, sebagai awal peneguhan imamat seorang imam, dipergunakan jemaat untuk menyampaikan selamat kepada para imam Katolik baik dengan menemui atau mengirimkan SMS ucapan selamat.

Sementara peristiwa penyaliban Yesus di bukit Golgota pada hari Jumat Agung, palagi ditandai dengan cuaca mendung hingga hujan yang mengguyur hampir seluruh wilayah Kabupaten Tapanuli Utara, terasa sangat hening.  Diberbagai Gereja, tampak para jemaat menitikkan air mata dalam kenangan penyaliban Yesus Kristus juru selamat umat manusia.

Perayaan Paskah di Tarutung pada hari Sabtu sore ditandai dengan jalan kaki dalam pawai obor oleh jemaat HKBP se-Indonesia diawali dari Salib Kasih Siatas Barita menuju kota Tarutung.  Sementara Gereja Katolik pada waktu yang sama Sabtu malam, merayakan paskah dengan litrugi cahaya, yang menggambarkan hakiki Allah dalam keabadian.

Paskah raya yang dilakukan oleh HKBP se-dunia di lapangan Serbaguna Tarutung pada Minggu 31/4 menjadi puncak perayaan paskah di Tarutung, ribuan jemaat HKBP dari berbagai daerah se-indonesia termasuk utusan dari berbagai negara tumpah ruah dalam kegembiraan bersama.

Photo liputan masa paskah di Tapanuli Utara :
1. Pawai Obor

2. Minggu Paskah

Tidak ada komentar: