"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Selasa, 10 Februari 2015

Bupati Taput : Petani Itu Musti Tangguh, Telaten Dan Kreatif

Selasa 10 Pebruari 2014. Untuk percepatan pencapaian visi misi Pemda Taput sebagai lumbung pangan, Bupati Taput Drs. Nikson Nababan melakukan tatap muka dengan petani yang berada di Adiankoting. Hal itu dilakukan guna mendengarkan langsung keluhan atau kesulitan yang dialami masyarakat khususnya di bidang pertanian.

Petani yang tergabung pada KUD JISI Manna  diwakili oleh Manahan Lumbantobing mengungkapkan menyambut gembira  program pemda Taput khususnya pada sektor pertanian yakni Taput lumbung pangan serta meminta dukungan pemerintah untuk mengatasi kesulitan-kesulitan dalam bidang pertanian.

“Kami meminta dukungan Pak Bupati untuk membantu kami dalam hal pengadaan bibit unggul, irigasi dan pendampingan atau penyuluhan kepada petani, sehingga kami juga turut berperan dalam pencapaian daerah lumbung pangan”, ungkap tobing.  Selain itu Manahan juga menjelaskan kesulitan atau kendala yang dihadapi oleh petani di lapangan.

Nikson Nababan merespon baik  permintaan petani tersebut serta berjanji akan memberikan bantuan bibit jeruk, kopi, benih ikan serta mengkaji pembuatan embung sebagai sumber pengairan di daerah itu.

Bupati juga memaparkan program-program yang akan dilakukan pemda dalam upaya mensejahterakan masyarakat Taput, namun tahun ini akan fokus untuk pembangunan dan perbaikan infrastruktur baik jalan maupun saluran irigasi.

Selain itu juga Bupati mengungkapkan bahwa “pemda Taput juga mengkaji strategi untuk membantu petani dalam menghadapi fluktuasi harga hasil pertanian, yakni program stabilias harga sehingga petani tidak dipermainkan oleh pihak-pihak yang hanya mengambil keuntungan sendiri seperti tengkulak atau mafia”, imbuhnya.

Nikson Nababan juga memberi motivasi dan dorongan kepada para petani untuk menjadi petani tangguh.  “Kondisi lahan pertanian di Taput termasuk di Adiankoting ialah tungil  (miskin unsur hara), jadi saya harap petani kita itu tangguh, telaten dan kreatif,” ujar Bupati

Dalam acara tersebut juga diungkapkan adanya MoU antara Pemda Taput dengan Kodim 0210/TU dalam bidang pertanian. Hal itu dilakukan untuk mendukung MoU antara Panglima TNI dengan Pemerintah Pusat dalam upaya pencapaian Nawacita Pemerintah yakni berdaulat di bidang pangan.

Dandim 0210/TU Letkol Baginta Bangun dalam paparannya juga mengungkapkan bahwa “kedepan bangsa ini tidak lagi menghadapi perang fisik atau teknologi, namun sudah mengarah kepada perang pangan. Hal tersebut diakibatkan adanya prediksi para ahli bahwa ke depan manusia akan dihadapkan pada permasalahan kekurangan pangan. Bangsa yang berdaulat/menguasai pangan, akan mampu menguasai sendi-sendi kehidupan manusia di dunia ini”,  ujar Baginta

Sekedar informasi KUD JISI Manna berada di Simatemate Desa Dolok Nauli Adiankoting yang didirikan oleh Manahan Tobing bersama-sama masyarakat sekitarnya.  KUD yang bergerak dibidang pertanian tersebut difokuskan untuk membantu pertanian di daerah tersebut seperti jeruk, kopi dan tanaman lainnya.

Dalam acara tersebut hadir ketua DPRD Taput Ir. Ottoniyer Simanjuntak, Dandim 0210/TU Letkol Baginta Bangun, Asisten Pemerintahan H. P. Marpaung, dan beberapa pimpinan SKPD di Taput.

Tidak ada komentar: