"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Kamis, 23 April 2015

Bupati Taput Hadiri Pencanangan Bulan Bakti IBI-KB-Kesehatan Taput di Pangaribuan

Bupati Taput Drs. Nikson Nababan didampingi Ny. Satika Nikson Nababan br. Simamora menghadiri pencanangan bulan bakti Ikatan Bidan Indonesia (IBI)-KB-Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara yang diadakan di Puskesmas Pangaribuan-Taput, Rabu (22/4).


Dalam sambutannya Bupati Taput mengatakan salah satu faktor pendukung terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan berkualitas adalah ketersediaan pelayanan kesehatan masyarakat yang baik.  Apabila masyarakat mendapat pelayanan kesehatan yang memadai tentu berdampak pada tingkat kesehatan masyarakat yang  meningkat pula, sehingga lahirlah generasi-generasi emas yang berkualitas tinggi. Hal itu selaras dengan visi pemkab Taput yaitu “Menciptakan SDM yang berkualitas yang mampu bersaing dalam segala aspek kehidupan.

Pemkab Taput dibawah kepemimpinan Nikson Nababan-Mauliate Simorangkir berkomitmen penuh membangun SDM berkualitas termasuk dalam sektor kesehatan. "Pemkab Taput saat ini memprioritaskan layanan kesehatan bagi masyarakat yang berada di daerah terpencil dan sangat terpencil.  Hal itu juga didukung dengan pemberian insentif satu bulan gaji bagi tenaga kesehatan yang mau mengabdi dan melayani kesehatan di daerah tersebut. Dengan pemberian insentif para tenaga kesehatan akan tertarik memberi layanan kesehatan di daerah terpencil dan sangat terpencil tersebut, sehingga tidak berlomba-lomba ke daerah perkotaan,” ujar bupati

Bupati juga berharap bahwa kegiatan bulan bakti tersebut tidak sekedar seremonial atau dilaksanakan pada saat itu saja, namun harus terus berkelanjutan dan berkeseinambungan, sehingga tingkat kesehatan masyarakat Taput semakin meningkat.  "Pemkab akan terus mendukung program-program di bidang kesehatan termasuk dari sisi pendanaan,” tambah Nikson

Sementara itu Pengurus IBI Taput mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan BKKBD Taput melaksanakan kegiatan Bulan Bhakti IBI-KB-Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara dengan tujuan mensosialisasikan pelaksanaan KB di Taput, karena saat ini tingkat kelahiran di daerah ini masih tinggi.  Hal lainnya adalah tingkat kematian ibu melahirkan juga masih tinggi, tingkat kelahiran yang tidak dinginkan, serta penggunaan alat kontrasepsi yang masih minim.

Bupati Nikson Nababan melakukan pemukulan gong tanda pencanangan kegiatan bulan bakti Ikatan Bidan Indonesia (IBI)-KB-Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara tersebut dan selanjutnya meninjau layanan kesehatan yang diadakan di Puskesmas Pangaribuan.

Hadir perwakilan BKKB Propsu, beberapa anggota DPRD Taput seperti Ir.Poltak Pakpahan dan Dapot Hutabarat, Ass.I Pemerintahan H.P Marpaung, Para Pimpinan SKPD Pemkab Taput dan uspika Pangaribuan.

Photo liputan :

Tidak ada komentar: