"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Senin, 06 April 2015

Taput Rayakan Paskah di Hutaginjang

Senin 6 April 2015 Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Taput dan Pemkab Taput menyelenggarakan perayaan Paskah Raya 2015 di Bukit Doa Hutaginjang Kec. Muara diikuti seluruh denominasi gereja gereja yang ada di Taput.


Mengusung thema “Kristus bangkit membawa damai sejahtera” (Yoh. 20 : 20) dan sub thema “Melalui perayaan paskah, mari kita membangun Taput demi terwujudnya SDM yang berkualitas dan beriman” dihadiri oleh 2000-an  lebih jemaat kristiani dari berbagai dedominasi gereja gereja dan dilayani oleh Pdt. T.M. Sinaga, S.Th, Pdt. S. Hutauruk, S.Th,  Pdt. E. Purba, S.Th, Pdt. B. Nababan serta Pdt. Parulian Sibarani, M.Th.

Diawali dengan prosesi seraya mempersembahkan fragmen Via Dolorosa dari simpang Desa Sitanggor menuju Bukit Doa dengan didahului doa yang dibawakan oleh St. Ismawati Mungkur, S.Th.

Ketua Umum Panitia Pdt. C. Siregar, S.Th diawal sebelum kebaktian dimulai dalam salam paskah mengajak segenap jemaat yang ikut serta didalam perayaan ini untuk mampu menggugah semangat diri sendiri untuk mampu ikut serta membangun Taput ke depan.

Perayaan paskah ini diisi dengan lagu-lagu pujian yang dipersembahkan oleh koor SMAN 1 Siborongborong, SMPN 1 Siborongborong, SMAN Muara, NHKBP Papande-Muara, HKBP Sabungan Siborongborong; mampu menggugah hikmad acara ibadah.

Pdt. Parulian Sibarani, M.Th, Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran dalam kotbah mengingatkan thema dan sub thema yang direkatkan pada perayaan paskah kali ini, dimana didalamnya ada "harapan" dan harapan itu menjadi sesuatu "semangat" yang membawa "rasa hidup kembali" didalam kerajaan Allah.  Dengan mengutip Mateus 5 : 23-24 kotbah mengajak segenap masyarakat Taput untuk selalu melahirkan dan memelihara "damai", seraya menegaskan agar semua bisa berubah, "jangan hanya meminta yang orang lain berubah, tetapi jadilah berobah bersama-sama".

Bupati Taput Drs. Nikson Nababan dalam pesan paskah kepada segenap masyarakat Taput menyampaikan "....marilah ....bekerja dengan giat dan bahwa kita harus berbuah guna mewujudkan Taput yang makmur, damai, sejahtera" dengan mengutip nats dari Yak 2:14+17 "apakah gunanya, saudara-saudara, jika seorang mengatakan bahwa ia mempunyai iman padahal ia tidak mempunyai perbuatan ? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia ? Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati".

Selain Bupati Nikson Nababan dan Ibu, turut hadir Wakil Bupati Taput Drs. Mauliate Simorangkir, M.Si dan Ibu, Ketua DPRD Taput Ir. Ottoniyer Simanjuntak dan Ibu, Kapolres, Dandim diwakili Kasdim, Sekda, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, para Pimpinan SKPD, Muspika Muara.

Photo liputan :


===== Mat 5:23-24 (23) Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, (24) tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.

Tidak ada komentar: