"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 17 April 2015

PT TPL Tbk Serahkan ALSINTAN ke Poktan di Taput

Rabu 15 April 2015, bertempat di Pagaran Taput, PT. Toba Pulp Lestari, Tbk menyerahkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) berupa ALSINTAN (traktor tangan) kepada 12 Poktan di beberapa kecamatan Taput.  Penyerahan Alsintan kepada Poktan ini dilakukan oleh pimpinan PT TPL, Tbk Juanda Panjaitan dan Leonard Panjaitan serta Tim Independen Hasudungan Butarbutar melalui Bupati Taput Nikson Nababan.


Sekretaris Tim Independen Hasudungan Butarbutar dalam sambutan menyatakan “Pemberian dana CSR dalam bentuk alat mesin pertanian kepada poktan merupakan tindakan yang tepat. Sebab, dengan keberadaan alat tersebut akan menjadi stimulan bagi kegiatan produktif petani. Sehingga ke depan, diharapkan tingkat perekonomian masyarakat petani menjadi meningkat”.

Lebih jauh Hasudungan mengajak para Ketua Poktan untuk memberdayakan perangkat traktor ini bagi kepentingan anggota kelompok, dan poktan menumbuhkembangkan kegotongroyongan didalam kelompok, sehingga maksud dan tujuan peningkatan ekonomi dimaksud dapat terwujudkan.

Sementara Juanda Panjaitan dalam sambutan menyampaikan terimakasih atas dukungan masyarakat Taput atas operasional PT TPL Tbk. selama ini. ditegaskan bahwa sepanjang TPL masih ada, maka "dana CSR akan tetap diberikan tanpa memperhitungkan untung rugi".

Masih menurut pernyataan Juanda Panjaitan, bahwa saat ini PT TPL Tbk selain sebagai unit pengolahan pulp, juga berfungsi sebagai area belajar bagi banyak pihak termasuk mahasiswa dan masyarakat umumnya.  Juanda mengharapkan masyarakat Taput untuk mau lebih mengenal T TPL Tbk dengan mengajak masyarakat untuk datang dan berkunjung ke area industri dan kebun, sehingga pengetahuan dan pemahaman masyarakat dalam pengelolaan hutan kayu dapat bertambah.

Adapun ke12 poktan penerima alsintan adalah Poktan Sepakat dari Desa Horison Pagaran, Poktan Bersaudara dari Desa Parhorboan Pagaran, Poktan Perubahan dari Desa Siabal-abal II Sipahutar, Poktan Lamringgas dari Desa Sipahutar, Poktan Liman Jaya dari Desa Onanrunggu Sipahutar, Poktan Pasada dari Desa Parsibarungan Pangaribuan, Poktan Partungkoan dari Desa Paniaran Siborongborong, Poktan Saroha dari Desa Bahal Batu Siborongborong, Poktan Sehat Mual Batu dari Desa Sitampurung Siborongborong, Poktan Sehati dari Desa Hutatinggi Parmonangan, serta Poktan Gabe Jaya dari Desa Lumban Siagian Siatas Barita.

Launching Perontok Tumbuhan

Kakan Ketahanan Pangan Taput Sofian Simanjuntak pada kesempatan ini menginformasikan keberhasilan yang dicapai untuk menciptakan teknologi baru sarana pendukung pengolahan kompos dan pakan ternak.  Sofian melaporkan bahwa dengan bantuan alat ini proses pembuatan kompos secara manual dilakukan selama 24 hari maka dengan bantuan alat ini pembuatan kompos dapat dipersingkat hanya selama 24 jam saja, sementara untuk pengolahan pakan termak dari 3 hari menjadi 3 jam saja.

Sofian menyampaikan, mesin perontok ini terwujud berkat ide dari Kadis Peternakan Longgos Pandiangan dan didesain oleh Parsaoran Hutagalung (Asisten Sekda).

Hadir dalam kegiatan mendampingi Bupati diantaranya Asisten Sekda Parsaoran Hutagalung, Kadis Peternakan, Kadis Pertanian, Kaban P4K, Kakan Ketahanan Pangan, Kabag Perekonomian Setdakab, Camat Pangaribuan, Camat Sipahutar, Camat Siatasbarita, Camat Siborongborong dan Camat Pagaran.


Photo liputan :

Tidak ada komentar: