"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Senin, 13 April 2015

UN SMA-SMK Hari Pertama di Tarutung Berjalan Lancar

Senin 13 April 2014, Wakil Bupati Taput tinjau pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMA/SMK dengan mengunjungi beberapa sekolah yang melaksanakan UN di Tarutung.


Wakil Bupati bersama-sama dengan Uspida dan didampingi oleh beberapa Pimpinan SKPD melihat dari luar gedung bagaimana pelaksanaan UN berlangsung, dimana untuk lingkup Kab. Taput dilakukan dengan ujian tulis, belum komputerisasi.

Wakil Bupati kepada media ini menyatakan, Taput belum memiliki sarana TIK yang memadai dan cukup untuk menyelenggarakan UN secara berbasis komputer.  "Secara perlahan akan kita upayakan penyediaan sarana TIK di setiap sekolah, sehingga kedepan sekolah sekolah kita dapat melaksanakan UN berbasis komputer" jelasnya.

Pihak sekolah yang dikonfirmasi media ini menyampaikan, "bahwa ketersediaan sarana TIK, khususnya komputer dan jaringan internet di setiap sekolah di lingkungan Kab. Taput masih sangat terbatas, hal itu menjadi kendala untuk pelaksanaan UN berbasis komputer, karenya diharapkan Pemkab musti memberikan perhatian yang serius untuk penyediaannya.

Wakil Bupati menyatakan, filosofi bangso batak mengatakan keindonesiaan dalam pendidikan tidak menjadikan hilangnya identitas ke-batak-an yaitu kesetaraan dalam prinsip dalihan natolu. Bagaimana sekolah harus turut serta dan mutlak menanamkan nilai nilai / filosofi kehidupan Bangso Batak yang sangat menjunjung tinggi dan mencita-citakan capaian anak di masa depan jauh lebih tinggi dari kondisi orang tuanya, yang mana sejak dini harus dibangun dan dibudayakan secara berkelanjutan.

Wakapolres B. Turnip dan Dandim 0210 Taput dalam kesempatan ini melalui para guru - guru mengajak siswa tamatan SMA ikut serta dalam seleksi penerimaan Polri dan TNI dimana proses pendaftaran dilakaukan secara online, dapat telah difasilitasi di Polres Taput.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Taput Jamel Panjaitan kepada media menjelaskan, bahwa Peserta UN tingkat zSMA/SMK di Kab. Taput adalah SMA sebanyak 3409 orang, dan SMK sebanyak 2029 orang.

Kepala SMA Swasta Santa Maria Tarutung Edi Gorat kepada Wakil Bupati dan rombongan menjelaskan, bahwa unit komputer yang dimiliki SMA Swasta Santa Maria Tarutung saat ini sebanyak  40 unit, masih kurang dari yang ddipersyaratkan oleh Kementerian, namun demikian untuk tahun ajaran 2015/2016 telah direncanakan akan menambah unit komputer sekolah guna menghadapi ujian nasional berbasis komputer (computer base style).

Adapun sekolah yang dikunjungi rombongan adalah SMAN 1 Tarutung, SMAN 2 Tarutung,  SMAS HKBP 1 Tarutung dan SMAS Santa Maria tarutung.  Direncanakan Selasa 14 April 2014 UN Hari Kedua akan ditinjau ke Kecamatan Siborongborong.


Photo liputan :



Tidak ada komentar: