"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Senin, 10 Desember 2012

Pesta Mangga Kabupaten Tapanuli Utara 2012 (Hari Pertama)

Pesta Mangga.  Adalah suatu even wisata yang untuk pertama sekali dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara di Kecamatan Muara selama dua hari pada Sabtu-Minggu tanggal 8-9 Desember 2012 guna dan untuk membangun kembali pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara khususnya Kecamatan Muara.


Satu-satunya wilayah Kabupaten Tapanuli Utara yang memiliki wilayah perairan Danau Toba adalah Kecamatan Muara, dan memiliki satu buah pulau yang berada di Danau Toba, yakni Pulau Sibandang, merupakan pulau kedua terbesar setelah Pulau Samsoir.

Berbagai kegiatan dilakukan dalam even Pesta Manggaini, seperti Naik Sepeda Gembira mengelilingi Pulau Sibandang sejauh ± 14 km dengan start/finish Desa Sibandang, Pentas Seni dan Budaya di Desa Sibandang menampilkan hiburan dan tortor, Devile Mangga, Lomba Solu membawa Mangga, Marhonong (Menyelam) mengumpukan mangga, Makan Mangga, Lomba Makan Mangga.

Sabtu 08 Des 2012, hari pertama penyelenggaraan pesta mangga dilaksanakan di Pulau Sibandang, tepatnya di Desa Sibandang.  

Bupati Tapanuli Utara bersama-sama dengan seluruh rombongan yang tiba di dermaga Sibadang diterima oleh masyarakat tiga desa di Pulau Sibadang dengan Boras Si Pir Ni Tondi, selanjutnya diarak ke lokasi pertemuan dimana masyarakat telah menanti rombongan, dan disuguhi "Tortor Mangga".

Kegiatan yang dilaksanakan di Pulau Sibandang ini : pertama pertemuan dengan masyarakat Pulau Sibandang (Desa Sibandang, Desa Papande, Desa Sampuran), dimana Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing kepada ketiga desa menyerahkan masing-masing satu unit Sprayer sebagai alat bantu untuk penanganan Mangga.

Kedua penyampaian ritual mangga yang menginformasikan awal datangnya bibit Mangga di Kecamatan Muara, yakni dibawa oleh misionaris agama kristen asal Jerman.

Ketiga penyampaian permohonan masyarakat Pulau Sibandang kepada Pemerintah Kabupaten, yaitu perlebaran dan perkerasan badan jalan ring road Pulau Sibadang;

Keempat naik Sepeda Gembira ring road Pulau Sibandang sejauh 14 Km diikuti oleh Bupati Tapanuli Utara, Pimpinan SKPD, perwakilan Guru-guru se-Tapanuli Utara, Siswa-siswa perwakilan sekolah-sekolah se-Tapanuli Utara.

Kelima Pentas Seni dan Budaya diisi dengan berbagai hiburan dari sekolah-sekolah tiga desa di Pulau Sibandang, baik SD maupun SMP serta diisi pula dengan hiburan dari artis Saint Joy Voice.

Bupati Tapanuli Utara bersama seluruh rombongan menginap di Desa Sibandang di rumah-rumah penduduk untuk meneruskan kegiatan besok harinya di pantai Muara.

Photo liputan :





Video :
1. Laporan Panitia n Sambutan Tokoh Masyarakat



2. Sambutan Bupati

-

3. Tortor Sawan

=

4. Hiburan

=

Tidak ada komentar: