"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Sabtu, 22 Desember 2012

Derita Tarutung Bersama Sungai Aek Sigeaon

Tengah malam Jumat 21 Desember 2012, masyarakat kota Tarutung dicemaskan oleh meluapnya Aek Sigeaon.



Walau hujan tidak deras di kota Tarutung, namun ali ini Aek Sigeaon menunjukkan aliran airnya yang cukup deras dan berlumpur hingga membuat penopang jembatan di Sipohlon ke Desa Simanugkalit (Semiarium) amblas di bagian tengah mengakibatkan jembatan ini patah di bagian tengah.

Sementara di sekitar Pardangguran tanggul Aek Sigeaon terkikis habis tinggal hanya 2 (dua) meter lagi, masyarakat di sekitar tanggul ini sangat cemas, terlebih karena kondisi malam dan gelap yang brakibat kepada sulitnya mengambil tindakan perbaikan.

Masih diTarutung tepatnya sebelum jembatan Aek Siansimun, Aek Sigeaon menunjukkan kebringasannya dengan meluap ke badan jalan, walau tidak sampai menghanyutkan rumah penduduk namun sempat membuat warga sekitar sangat cemas dan sempat pula mengungsikan diri ke tempat yang lebih aman.

Masyarakat yang berjaga-jaga di tanggul Aek Sigeaon sangat mengharapkan tindakan segera dari Pemerintah Kabupaten, yang walaupun disadari bahwa kondisi pengikisan ini diakibatkan belum tuntasnya perbaikan tanggul yang sedang dikerjakan pihak PU Pengairan propinsi Sumatera Utara.

Photo liputan bencana :

Tidak ada komentar: