"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Kamis, 06 Desember 2012

Geliat Pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara Dengan "Pesta Mangga"

Kabupaten Tapanuli Utara Propinsi Sumatera Utara yang terletak di Kawasan Danau Toba memiliki berbagai jenis kekayaan alam, antara lain keindahan alamnya yang berada di Bukit Barisan dan sebahagian dari perairan Danau Toba di Kecamatan Muara.


Salah satu pulau di Danau Toba adalah Pulau Sibandang. Pulau Sibandang yang berada di Kecamatan Muara terbagi atas tiga wilayah administrasi pemerintahan, masing-masing Desa Sibandang, Desa Sampuran dan Desa Papande.


Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Drs. Joskar, M.Si pada 28 Agustus 2012 mengajak masyarakat Desa Papande menyelenggarakan "pesta makan buah (mangga) di musin panen", khususnya di bulan Desember.

Atas berbagai pertimbangan dan pengharapan ke masa depan, akhirnya Bupati Tapanuli Utara bersepakat dengan masyarakat Kecamatan Muara untuk menjadikan Muara menjadi destinasi tujuan iwisata di Kabupaten Tapanuli Utara.  Untuk mewujudkan itu maka disepakati pula bentuk kegiatan yang akan diselenggarakan, yakni PESTA MANGGA, yang dirangkai dengan berbagai kegiatan lainnya sebagai kegiatan pendukung.

Panitia yang dibentuk oleh Bupati Tapanuli Utara untuk menyelenggarakan Pesta Mangga ini dalam perjalanan waktu akhirnya memutuskan pelaksanaan kegiatan pada tanggal 8-9 Desember 2012 dengan acara pendukung antara lain : 

8 Desember 2012 (Pulau Sibandang)
  1. Sepeda Gembira, yaitu mengelilingi lingkar Pulau Sibandang sejauh lebih kurang 12 km;
  2. Pentas Seni dan Budaya;

9 Desember 2012 (Pantai Muara)
  1. Jalan Santai Pantai ke Tugu Toga Siregar (+Kebaktian);
  2. Perlombaan Solu;
  3. Mangungkor (Mangga);
  4. Manortor (Mangga);
  5. Devile Mangga;
  6. Kontes Mangga;
  7. Lomba Makan Mangga.
Ketua Panitia Alboin Siregar dalam rapat evaluasi akhir persiapan penyelenggaraan Kamis 6 Desember 2012 mengharapkan agar segenap unsur kepanitiaan mencurahkan perhatian dan kesungguhan sehingga pesta mangga perdana ini dapat terselenggara sesuai dengan perencanaan dan akan dapat dijadikan sebagai tolok ukur penyelenggaraan ke tahun yang akan datang.

Masih menurut  Ketua Panitia Alboin Siregar, segenap masyarakat KecamatanMuara mampu menjadikan momen ini sebagai awal kebangkitan Kecamatan Muara menjadi destinasi tujuan wisata lokal dan internasional, terlebih lagi dengan telah adanya berbagai dukungan infrastruktur dan sarana lainnya yang sudah ada di Kabupaten Tapanuli Utara.


Tidak ada komentar: