"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Kamis, 23 Juli 2015

Bupati Taput: Pers sebagai Mitra sekaligus Sahabat Pemkab

Kamis 15 Juli 2015.  Pers sebagai lembaga yang berfungsi sebagai kontrol sosial harus menjadi mitra sekaligus sahabat Pemerintah Daerah dalam membangun Taput untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Untuk  menjadikan Taput sebagai Lumbung Pangan, Lumbung SDM berkualitas serta Daerah Wisata, Pemkab Taput butuh dukungan dari semua stakeholder termasuk rekan-rekan pers khususnya yang melakukan tugas jurnalistik di wilayah Bonapasogit tercinta.

Hal itu diungkapkan Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan mengawali sambutannya pada acara Temu Pers bersama sejumlah wartawan sekaligus penyerahan hadiah bagi pemenang Perlombaan Kuantitas Publikasi Kegiatan Pemkab Taput di Aula Kantor Bupati Jl. Soeprapto  No. 1 Tarutung.  Hadir Sekdakab Taput Edward R Tampubolon, SE dan Pengurus Dewan Pers Taput Marudut Ninggolan.

“Pers merupakan salah satu elemen penting dalam pembangunan bangsa kerena memiliki kekuatan sebagai kontrol sosial untuk menyuarakan suara rakyat, diharapkan mampu menjadi mitra sekaligus sahabat yang baik bagi Pemkab Taput dalam membangun masyarakatnya melalui pemikiran-pemikiran positif, dengan orientasi kepentingan umum dan mengesampingkan kepentingan pribadi/golongan“, ujar Bupati.

Bupati Nikson Nababan menambahkan bahwa dalam melakukan tugas jurnalistiknya, para awak media cetak maupun online harus mengedepankan profesionalitas dengan prinsip check and balance, serta menjungjung tinggi kode etik jurnalisme.  “Saya tidak mengarahkan rekan-rekan pers agar menutup mata serta hanya memberikan informasi yang baik saja tentang kondisi pembangunan Taput, namun sebagai sahabat sekaligus mitra, saya sangat berharap rekan-rekan awak media membuat pemberitaan yang proposional dan professional sehingga mampu memberikan pencerahan kepada setiap lapisan masyarakat yang tinggal di bonapasogit maupun yang di perantauan tentang informasi kondisi pelaksanaan pembangunan di daerah ini”, harap Bupati.

Bupati juga mengajak semua pihak termasuk pers agar tidak selalu mencurigai dan menjatuhkan sentiment negatif tentang program pembangunan yang sedang dilaksanakan Pemkab Taput.  “Sering sekali muncul opini-opini tidak baik di tengah – tengah masyarakat dan digiring pihak-pihak tertentu dengan tujuan kepentingan pribadi atau golongan, sehingga sangat dibutuhkan dukungan sahabat-sahabat pers dalam memberikan informasi yang actual dan dapat dipercaya.  Percayalah niat kami tulus untuk membangun kesejahteraan masyarakat Taput ini, agar bisa mengejar ketertinggalannya serta bisa menjadi daerah terdepan di sumut bahkan di Indonesia “, tandasnya.

“Kedepan saya berharap agar komunikasi yang telah terjalin dengan baik antara Pemkab Taput dengan rekan-rekan pers semakin ditingkatkan kualitas, Pemkab juga saat ini berusaha untuk semakin dekat dengan rekan-rekan dengan memperbanyak kegiatan-kegiatan yang melibatkan kedua belah pihak seperti coffee morning dan perlombaan semacam ini agar semakin terjalin hubungan yang erat.  Kepada rekan pers yang terpilih sebagai pemenang perlombaan ini, saya ucapkan selamat dan kedepan harus terus berjuang untuk menghasilkan karya-karya jurnalistik yang lebih baik”, ujarnya.

Pengurus Dewan Pers Taput, Marudut Nainggolan menyatakan mengapresiasi kegiatan temu pers dan penyerahan hadiah perlombaan kuantitas publikasi kegiatan pemkab Taput tersebut, seraya memberi saran agar kedepan selain perlombaan kuantitas, juga dilakukan perlombaan kualitas publikasi kegiatan pemerintah serta membuat kategori perlombaan antar media.

Pemenang Perlombaan Kuantitas Publikasi Kegiatan Pemkab Taput periode Januari-Mei 2015 kategori surat kabar harian, Pemenang I diraih  Alfon Situmorang (Realitas & Palapa Pos), Pemenang II Hengki Tobing (News Tapanuli), Pemenang III Erwin Nababan (Rakyat Tapanuli), Pemenang Harapan I diraih Baringin Lumban Gaol (News Tapanuli), Harapan II Tulus Hutabarat (News Tapanuli) dan Harapan III diraih Dedi Hutasoit (Radar Tapanuli).

Sementara itu untuk kategori Surat Kabar Mingguan dan Majalah, Pemenang I diraih Binsar Panggabean (Kupas Tuntas News), Pemenang II Gompang Gultom (Media Sekolah), Pemenang III Gibson Simatupang (Tumpas), Pemenang Harapan I Mampe Silalahi (Anak Bangsa), Pemenang Harapan II (Bangkit Nababan), serta Harapan III diraih oleh Toni L dari media Monalisa.

Penyerahan hadiah bagi para pemenang diserahkan langsung Bupati Taput Drs.Nikson Nababan beserta Sekdakab Taput dan para Asisten, dirangkai dengan pose bersama para wartawan pemenang perlombaan.

Turut hadir Ass. Pemerintahan Drs. HP Marpaung, Ass. Ekbang Drs. Parsaoran Hutagalung, Ass. Administrasi dan Umum Osmar Silalahi, SE, para staf ahli, para pimpinan SKPD Pemkab Taput dan para Kabag Setdakab.

Photo liputan :

Tidak ada komentar: