"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 24 Juli 2015

Bupati Taput : Serap Ilmunya dan Bangunlah Taput Tercinta

Jumat, 24 Juli 2015. Bupati Taput Drs.Nikson Nababan berpesan agar para calon tenaga kerja yang akan melakukan magang di Jepang menyerap ilmu pengetahuan yang dimiliki negeri sakura tersebut serta menerapkannya setelah kembali ke Tapanuli Utara tercinta. 

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Taput pada Pembukaan Pra-Seleksi Calon Tenaga Kerja yang akan melakukan Magang Kerja ke Jepang yang diselenggarakan oleh Forum Umum Kerjasama Rakyat Indonesia – Jepang (Fuker Inja ) wilayah Tapanuli di Balai Latihan Kerja (BLK) Silangkitang, Sipoholon-Taput.


“Saya berharap agar adik-adik yang mengikuti pra-seleksi ini mampu memberikan yang terbaik sehingga terpilih menjadi tenaga kerja yang akan diberangkatkan ke jepang dan saya berpesan agar dibenak saudara tidak berorientasi kepada materi semata, namun curilah ilmu yang dimiliki negara tersebut dan setelah kembali nantinya ke Indonesia, terapkanlah ilmu tersebut tengah-tengah masyarakat sehingga menjadi bahagian dalam membangun Tapanuli Raya ini”, pesan Bupati Nikson Nababan.

“Jepang memiliki kelebihan dalam kemajuan teknologi serta budaya displin dan kerja keras yang kuat, sehingga menjadi salah satu negara yang maju pasca perang dunia kedua, sehingga pantas untuk kita tiru dan implementasikan dalam pembangunan kesejahteraan daerah ini “, ungkap Bupati.  “Budaya Kerja Keras dan displin yang kuat itulah menjadi kelemahan mendasar negeri ini termasuk bangso batak, sehingga tertinggal jauh dalam peningkatan kesejahteraan masyarakatnya. Untuk itu diharapkan nantinya saudara-saudara dapat menyerap ilmu dan terapkan setelah kembali nanti, sehingga menjadi pelopor-pelopor pembangunan di lingkungan masyarakat Bonapasogit“, terang Bupati.

Bupati menambahkan bahwa negara-negara luar termasuk Eropa dan jepang sangat membutuhkan tenaga-tenaga kerja dari Indonesia yang terampil dan handal, Hal itu sudah dijawab Pemkab Taput dengan menghidupkan kembali BLK Silangkitang serta menjadikannya sebaga pusat pelatihan tenaga kerja untuk mencetak SDM yang handal, terampil dan berdaya saing di segala lini kehidupan masyakat.  Hal itu selaras dengan salah satu visi pemkab Taput sebagai lumbung SDM bekualitas, sehingga pihaknya berusaha keras memikirkan serta melakukan terobosan-terobosan termasuk meng-fungsikan kembali BLK Silangkitang, yang diharapkan mampu mencetak pemuda-pemuda Tapanuli yang berkualitas.

“BLK ini akan mendapat porsi perhatian yang besar, karena diharapkan sebagai pusat pelatihan yang mencetak generasi-generasi  yang terampil dan handal, saya berharap agar semua pihak memberikan sosoliasi kepada masyarakat bahwa bagi yeng berminat dating ke balai kerja ini untuk ditempa menjadi tenaga kerja terlatih dibidang pertanian, otomotif, tata busana dan bidang lainnya tanpa pungutan kecuali biaya akomodasi. Saya juga intruksikan kepada pihak BLK Silangkitang agar bekerja keras membuat pelatihahan-pelatihan yang berkualitas dengan menghadirkan instruktur-instruktur handal. Kedepan akan kita kaji agar BLK ini dinaikkan levelnya setara Dinas atau Badan agar memiliki keleluasaan dalam membuat kebijakan dan mengelola keuangan”, ungkap Bupati.

Ketua Fuker Inja Wilayah Tapanuli Poltak Silitonga, SH memaparkan bahwa kegiatan pra-seleksi Calon Tenaga Kerja ke jepang ini baru pertama kali diadakan di Taput dan kemungkinan akan tetap diselenggarakan untuk tahun mendatang. Poltak juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan bahagian kerjasama Indonesia-Jepang dengan tujuan agar pemuda-pemuda Indonesia mendapatkan lapangan kerja yang layak di negara matahari terbit tersebut. Fuker Inja sangat mengapresiasi Bapak Bupati Taput yang memberi dukungan penuh terutama pemberian fasilitas-fasilitas untuk menyelenggarakan diklat ini “,kata Poltak.

Acara juga dirangkai dengan penyematan secara simbolis tanda peserta pra-seleksi oleh Bupati Nikson Nababan kepada salah satu peserta serta menyanyikan yel-yel pemicu semangat Yu Yake ko Yake dan diakhiri dengan foto bersama. Sebelumnya Bupati Taput didamping Plt BLK Silangkitang Sofian Simanjuntak juga meninjau kegiatan-kegiatan pelatihan di BLK Silangkitang seperti Kursus menjahit, pengolahan limbah menjadi pakan ternak dan pembuatan pupuk organic menggunakan bahan-bahan alami di alam sekitar Bupati Taput berpesan kepada Sofian Simanjuntak agar terus melakukan pelatihan-pelatihan gratis kepada masyarakat yang berminat, serta membuat terobosan-terobosan khususnya teknologi-teknologi pertanian sehingga mampu mendukung taput sebagai lumbung pangan.

Turut hadir Kadis Penloka James Simanjuntak, Kadis Perikanan dan Peternakan Longgos Pandiangan, Kepala BP4K SEY Pasaribu, Kadis Pertanian Marco Panggabean, Kadis PU Anggiat Rajagukguk, Plt BLK Silangkitang Sofian Simanjutak, Kabag Program Erliston Tobing, Kabag Pemerintahan Darma Nababan, Kabag Humas Donna N Situmeang dan Camat Sipoholon.

Photo liputan :

Tidak ada komentar: