"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Selasa, 28 Juli 2015

Bupati Taput Tinjau Gotongroyong Masyarakat Simarpinggan Sipoholon

Selasa, 28 Juli 2015.  Bupati Taput Drs. Nikson Nababan tinjau gotong royong masyarakat Dusun Simarpinggan Desa Hutaraja Hasundutan Kecamatan Sipoholon.

Selain gotong royong membersihkan sepanjang jalan Pagaran – Simarpinggan,  Bupati melakukan pertemuan tatap muka dan diskusi dengan masyarakat untuk mendengarkan saran, pikiran masyarakat.   Selanjutnya Bupati bersama rombongan menyusuri sepanjang jalan dan meninjau langsung kondisi jalan dan jembatan yang sedang diperbaiki untuk tembus ke kota Tarutung melewati Kota Sipoholon.

Bupati diawal sambutan menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang telah mendukung program Pemkab Taput  membersihkan lingkungan dan memelihara sarana prasarana yang ada, seperti jalan, jembatan dan sarana lainnya.

“Kunjungan saya ke Simarpinggan harus memberikan perubahan kepada masyarakat.  Sumber air merupakan prioritas saya saat ini.  Masyarakat harus menikmati air bersih dan merasakan bahwa Pemerintah ada untuk masyarakat. Kita harus membangun pipa air yang sangat kuat sehingga tahan lama dan tidak mudah dirusak dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Bupati.

Bupati mengapresiasi aspirasi masyarakat mengenai jalan tembus dari Kecamatan Pagaran dan Siborongborong menuju Dusun Simarpinggan Kecamatan Sipoholon dan tembus ke Kecamatan Tarutung.  “Program ini menjadi prioritas bagi saya, menghidupkan perekonomian masyarakat,  jika jalan ini saya bangun dan perbaiki sekaligus pelebaran jalan sebagai harga mati, maka perekonomian akan meningkat, jalan tahan lama. Jika jalan ini kita buka dan hidupkan, secara otomatis juga kita akan menghidupkan pasar Siborongborong, Pasar Pagaran dan Pasar Tarutung. Ini tugas kita bersama, masyarakat harus memberikan perhatian dan keterbukaan akan pelebaran jalan,” ujar Bupati.

Bupati menegaskan bahwa sektor pertanian juga merupakan prioritas utama dalam pembangunan Taput.  Masyarakat harus bergiat dalam mengelola lahan-lahan tidur menjadi lahan produktif. Pemerintah akan melindungi harga jual hasil-hasil pertanian masyarakat dari para tengkulak yang ingin menjatuhkan harga dan merugikan petani.  Kehadiran Perusahan Daerah Pertanian harus dirasakan masyarakat, baik dari perlindungan harga tadi melalui tempat pelelangan barang dan juga pengadaan pupuk bersubsidi. 

“Perusda Pertanian, dan SKPD harus bersinergi dan menampung semua kebutuhan masyarakat dalam mewujudkan Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan,” tegas Bupati.

Dalam peningkatan sektor pertanian, hubungan antara masyarakat dan Pemerintah berjalan dengan baik.  Masyarakat sebaiknya membentuk kelompok tani untuk bisa menerima bantuan bibit untuk pertanian, bibit ikan, pupuk bersubsidi dan juga sarana traktor untuk membuka lahan-lahan pertanian. “mari kita bahu-membahu membangun Tapanuli Utara. Jika kita mau, kita pasti bisa, berusaha dan bekerja, bersama kita bisa,” ujar Bupati Taput memotivasi masyarakat Dusun Simarpinggan.

“Dalam pemilihan Kepala Desa, dalam waktu dekat ini, termasuk Desa Simarpinggan ini sangat saya harapkan berjalan dengan baik, lancar dan tenang.  Jangan ada pengkotak-kotakan, keributan atau riak-riak yang memicu perpecahan. “Kita jalankan demokrasi, kita pilih yang terbaik bagi masyarakat,” sebut Bupati.

Dalam kunjungan ini Bupati Taput didampingi beberapa SKPD dilanjutkan meninjau SD Simarpinggan dan Polindes Dusun Simarpinggan.  Dalam kunjugannya, Bupati menyampaikan bahwa rehab sekolah dan pagar SD Simarpinggan akan segera direalisasikan.  Di samping itu, polindes Simarpinggan yang sudah tidak layak lagi akan segera dibangun dimana masyarakat menyerahkan tanah untuk bangunan polindes tersebut dengan sukarela.  Selanjutnya, Bupati meninjau langsung pembangunan jembatan yang sedang berlangsung yang menghubungkan dusun Simarpinggan dengan Desa Pagarbatu Kecamatan Sipoholon.

Photo liputan :


Tidak ada komentar: