"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Selasa, 28 Desember 2010

Hari Ketiga Panggung Natal Bona Pasogit 2010

Bupati Tapanuli Utara, Torang Lumbantobing, meluapkan diri mengikuti
irama dan gerak tarian persembahan Masyarakat Perantau Asal Nias
Etnis Nias di Tapanuli Utara ikut meriahkan Natal Bona Pasogit.

Hari ini Senin 27/12 Natal Bona Pasogit Tapanuli Utara memasuki hari ketiga.  Sejak pagi pukul 09.00 Wib telah dibuka seluruh stand pameran untuk dapat dinikmati oleh para pengunjung.  Pameran Kerohanian ini berlangsung hingga malam hari.
Kegiatan-kegiatan pokok hari ini adalah penilaian lomba Vocal Group, lomba Koor Ama, lomba koor Ina, lomba koor muda-mudi (lanjutan hari sebelumnya),  lomba cipta lagu natal.

Lomba

Lomba Vocal Group yang dinilai hari ini dari Kecamatan Siborongborong, Kecamatan Muara, Kecamatan Tarutung, Kecamatan Parmonangan, Kecamatan Pangaribuan, sementara Koor Ama berasal dari Kecamatan Simangumban, Kecamatan Parmonangan.

Koor Ina yang diperlombakan hari ini berasal dari Kecamatan Siborongborong, Kecamatan Purbatua, Kecamatan Simangumban, Kecamatan Pagaran, Kecamatan Pahae Julu, Kecamatan Adiankoting, Kecamatan Pahae Jae, dan Kecamatan Siatasbarita. Sementara Koor Muda-Mudi yang diperlombakan hari ini berasal dari Kecamatan Pagaran, Kecamatan Muara.

Lomba Cipta Lagu Natal telah memasuki masa penyaringan, dan hari ini diikuti peserta dari Kecamatan Tarutung, Kecamatan Pagaranm Kecamatan Purbatuam Kecamatan Pahae Julu, Kecamatan Muara, Kecamatan Pahae Jae, Kecamatan Siatas Barita.

Semua kegiatan perlombaan ini diselenggarakan di Sopo Partungkoan/Gedung Kesenian Tarutung.

Atraksi Meriam Bambu

Hari ini sebagaimana hari sebelumnya, pada pukul 18.00 Wib atraksi meriam bambu selalu diminati para pengunjung kegiatan natal bona pasogit, sebanyak 200 batang meriam bambu dinyalakan bersahut-sahutan tanpa henti-henti semakin menyemarakkan dan menggugah hati dan kehadiran masyarakat para pecinta atraksi meriam bambu ini. Semua pengunjung atraksi turut memberikan semangat kepada para penyulut meriam agar lebih semangat dan mampu menghasilkan suara dentuman yang lebih kuat dari waktu ke waktu.

Panggung Hiburan

Etnis Nias Menyanyi bersama
Sore hari, pada pukul 19.00 Wib masyarakat etnis Nias yang tinggal di Tapanuli Utara dari paguyuban Kesatuan Perantau Asal Nias yang dipimpin oleh Karenius Harefa tampil menghibur masyarakat pengunjung Natal Bona Pasogit.

Tari Perang etnis Nias


Beberapa jenis hiburan disuguhkan oleh perantau asal Nias ini, seperti vocal solo, vocal group, tari perang, lompat batu dan hiburan bersama yang dipadu dalam gerak dan tari.
Drs. Sanggam Hutagalung ikut berbaur
mengikuti irama dan tari etnis Nias



Masyarakat yang menyaksikan hiburan yang dibawakan oleh etnis Nias ini sangat terpukau dengan ketrampilan yang disuguhkan semua peserta, bahkan Bupati Tapanuli Utara, bapak Torang Lumbantobing bersama ibu Elly Manalu dan Sekretaris Daerah bpak Sanggam Hutagalung ikut bernyanyi dan berbaur pada saat hiburan bersama. Tanpa sungkan, bapak Torang Lumbantobing bersama ibu dan bapak Sanggam Hutagalung mencoba mengikuti irama dan gerak yang disuguhkan.

Selain hiburan dari etnis Nias, Akademi Keperawatan Tapanuli Utara ikut menyuguhkan hiburan melalui vocal solo mahasiswanya, juga mendapat aplaus yang cukup tinggi dari penonton yang memadati arena hiburan.

Koor SMA Negeri 2 Tarutung dengan pakaian kuning keemasannya menyuguhkan dua buah lagu untuk masyarakat pengunjung natal. Suara merdu dan harmoni yang angat bagus sangat menarik perhatian pendengan dan penonton searena paggung hiburan ini.

Begitu koor dari SMA Negeri 2 Tarutung selesai melantunkan kedua koor, hadir pula artis kota Tarutung, putri-putri cantik kota Tarutung mendendangkan lagu-lagu natal yang mengajak semua hadirin ikut menyanyi di hati sambil meniru-nirukan gerak tari yang dibawakan para artis ini.

Waktu tak bisa diperlambat, berputar sesuai dengan ritme yang telahditentukan, kegiatan hiburan harus tunduk pada acara yang telah ditentukan, hari ini harus selesai untuk dilanjutkan besok hari.

Loncat Batu ala Nias
menari bersama
semua gembira menari bersama etnis Nias




Torang Lumbantobing/Bupati Tapanuli Utara
tak mau ketinggalan mengikuti irama dan gerak tarian Nias
Drs. Sanggam Hutagalung, MM ikut bergembira ria

Bupati Tapanuli Utara, Torang Lumbantobing bersama Ibu,
Sekdakab Tapanuli Utara/Ketua Umum Panitia Natal Drs. Sanggam Hutagalung, MM
photo bersama dengan masyarakat Nias setelah selesai hiburan




Tidak ada komentar: