"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Rabu, 08 Desember 2010

Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Perangkat Lunak Open Source

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tapanuli Utara selenggarakan sosialisasi dan pelatihan penggunaan perangkat lunak legal berbasis open source kepada aparatur pemerintah kabupaten Tapanuli Utara pada tgl. 8 s.d. 9 Desember 2010.


Kadis Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tapanuli Utara, Drs. Gumontar Simanullang, dalam laporannya pada acara pembukaan menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan jawaban atas limit waktu yang diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada Daerah untuk mematuhi aturan hukum dibidang hak cipta, dalam hal ini penggunaan perangkat lunak legal di lingkungan pemerintahan. Peserta pelatihan tahun anggaran 2010 adalah pegawai dari SKPD tingkat Kabupaten, dan diharapkan para peserta ini akan mampu menyerap pengetahun baru sehingga di SKPD masing-masing akan mampu bertindak sebagai fasilitator untuk proses legalisasi seluruh perangkat komputer yang tersedia di unit kerja masing-masing. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara, Drs. Sanggam Hutagalung, MM dalam arahan dan bimbingan pada acara pembukaan menyampaikan dan mengaskan arti pentinya sosialisasi dan pelatihan ini, disebabkan, Tapanuli Utara harus menuntaskan penggunaan perangkat lunak yang legal di lingkungan Pemkab Tapanuli Utara selambat-lambatnya pada 31 Desember 2011 yang akan datang. 

Ditegaskan oleh Sekretaris Daerah, agar seluruh pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Daerah kommit mematuhi aturan hukum dibidang hak cipta, sehingga apabila terjadi inspeksi oleh pihak manapun atas penggunaan perangkat lunak, maka di lingkungan Tapanuli Utara tidak satupun SKPD yang terjerat hukum. 

Pada kesempatan ini juga, Sekretaris Daerah menyinggung pemanfaatan dan pengelolaan sistem informasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, antara lain Situs resmi Pemkab Tapanuli Utara, dimana dinilai oleh banyak kalangan kurang menarik baik dari sisi tampilan pun sisi konten. Diharapkan agar situs web dapat menginformasikan keseluruhan aktifitas pemerintah kabupaten pada setiap harinya, dan untuk itu seluruh pimpinan SKPD harus berperan aktif menyampaikan data atau bahan yang diperlukan. 

Sosialisasi dan Pelatihan kali ini diselenggarakan di Hotel Glory Tarutung dan menghadirkan instruktur / Nara Sumber dari Politeknik Informatika Del Laguboti, bapak Ramot Lubis dengan dibantu para Asisten Instruktur. Materi pelatihan meliputi pengenalan perangkat lunak open source, dalam hal ini proses untuk menginstalasi sistem, pengenalan sistem,/aplikasi yang tersedia, dan penggunaan perangkat lunak OpenOffice. 

Tidak ada komentar: