"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 08 Agustus 2014

Bupati Taput Kenalkan Taput Kepada Walikota Hokota Jepang

Kamis 7 Agustus 2014 : Walikota Hokota - Jepang melakukan kunjungan kehormatan ke Kabupaten Tapanuli Utara.


Kunjungan kehormatan Walikota Hokota Mr. Onizawa Yasuhei dan rombongan diterima langsung oleh Bupati Taput Drs. Nikson Nababan dan Wakil Bupati Taput Drs. Mauliate Simorangkir, M.Si di Aula Kantor Bupati Taput - Tarutung.

Bupati dalam sambutan memaparkan kondisi Taput berdasarkan topografi daerah yang umumnya berbukit dan bergelombang dan berada pada ketinggian 300-1500 mter dpl, dimana masyarakatnya umunya hidup dan bertumpu pada sekotr pertanian (±85%).

Kepada Walikota Hokota, Bupati juga menyampaikan bahwa visi pembangunan Kabupaten Taput  "Kabupaten Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan, Lumbung SDM serta Daerah Wisata".  Visi ini didasari kepada kondisi Taput, bahwa pertanian merupakan sektor yang sangat potensial untuk dikembangkan, mengingatluas lahan yang masih kosong/tidur dan potensial di Taput masih dapat dikembangkan.  Pemerintah sebagai fasilitator dan motivator pembangunan berusaha dan berupaya agar dapat menciptakan dan meningkatkan pendapatan masyarakat dari sektor pertanian.  Salah satu upaya yang dilakukan yaitu menjalin kerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA), dimaksudkan untuk mengarahkan sistem pertanian bergesert ke arah yang lebih moderen untuk meningkatkan hasil dan mutu komoditi pertanian.

Bupati juga mengatakan, Pemkab taput akan memfasilitasi pihak JICA dengan penyediaan lahan untuk uji coba tanaman sebagai pilot projek kepada masyarakat tani Taput, dan mengharapkan kiranya komoditi hasil pertanian Taput dapat diekspor ke Jepang serta dimungkinkannya putra putri Taput yang usia produktif dapat melakukan studi banding ke Jepang untuk menambah pengetahuan petani dalam mengembangkan sektor pertanian Taput.

Lebih lanjut kepada Walikota Hakoto dan rombongan disampaikan oleh Bupati, bahwa selain sektor pertanian Taput juga merupakan salah satu daerah wisata, yaitu wisata rohani dan wisata alam.

Sementara Walikota Hokota dalam sambutan menyampaikan, bahwa dari hasil penelitian yang dilakukan oleh pihak JICA di Taput, disebutkan bahwa untuk meningkatkan produksi hasil pertanian maka untuk kesuburan tanah di Taput sangat diperlukan pengairan, pupuk organik dan atau kompos.

Selain dihadiri Bupati dan Wakil Bupati, turut hadir para Pimpinan SKPD dan Direktur Perusahaan Daerah, sementara Walikota Hokota - Jepang didampingi oleh Mr. Mihoya Niro (Union President Hokota Agriculture Co-operatives), Mr. Hayashi Taichi (President Kamejirushi Confectionery Co.Ltd), Mr. Oguri Mitsuo (Director Kamejirushi Confectionery Co.Ltd), Mr. Shido Makoto (Committee Project Manager Hokota-City-Band Promotion Public Coopertion), Mr. Sukegawa Kazuaki dan Mr. Muraka Takahiro serta Mr. Tashiro Koji (berturut-turut : Managing Director, Chief Overseas Project Support Information Section dan Staff IBARAKI Small and Medium Enterprise Promotion Public Corporation), Nr. Igawa Hitoshi dan Mr. Suzuki Toshiyasu (berturut-turut : Senior Staff Industrial Affairs Division dan Training and Partnership Program Division Tsukuba International Center, Japan International Cooperation)

Photo liputan :

Tidak ada komentar: