"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Sabtu, 09 Agustus 2014

Pemkab Taput dan Bank Indonesia Tanda Tangani MoU Pengembangan Klaster Cabai Merah

Jumat 8 Agustus 2014.  Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan serta mendorong pertumbuhan sektor riil dan UMKM, Bank Indonesia melakukan pengembangan klaster  bekerjasama dengan berbagai Pemerintah Kabupaten/Kota.

Kepala Perwakilan BI Sibolga Yiyok T. Herlambang dalam acara penandatangan nota kesepahaman dengan Pemkab Taput yang dilakukan langsung oleh Bupati Taput Drs. Nikson Nababan untuk Klaster Cabai Merah mengatakan bahwa BI berkepentingan untuk mengendalikan tingkat inflasi dan ketahanan pangan melalui kegiatan mensejahterakan masyarakat dengan cara meningkatkan antara lain produksi hasil pertanian masyarakat tani.

Upaya meningkatkan produksi hasil pertanian itu dilakukan melalui pemberian kemudahan modal melalui pengucuran dana dari bank komersial, bantuan pelatihan, sosialisasi dan studi banding kepada kelompok tani yang sudah berhasil.

Sementara Bupati Taput Drs. Nikson Nababan dalam sambutan mengatakan, menyambut baik kehadiran BI untuk mengembangkan klaster cabai Merah di Taput, khususnya kepada Kelompok Tani “Suka Maju” Desa Parik Sabungan Kecamatan Siborongborong.  Diharapkan agar BI melakukan pendampingan dan evaluasi tingkat capaian kelompok tani Suka Maju yang berkelanjutan, sehingga hasil produksi dapat maksimal dicapai.

Kepada para anggota kelompok tani, Bupati mengatakan bahwa kehadiran Bandara Silangit di Siborongborong akan sangat berperan besar kepada para petani di Taput, hal itu dikarenakan hasil produksi pertanian masyarakat akan lebioh memiliki nilai tinggi, karena sarana transportasi untuk distribusi hasil pertanian ke daerah lain telah ada.

Setelah penandatanganan MoU, dilanjutkan dengan penanaman perdana Cabai Merah oleh Kepala Perwakilan BI Siboga, Bupati Taput, dan para pejabat lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten Sekda Drs. Parsaoran Hutagalung, Pimpinan SKPD Taput, Pimpinan Bank di Taput, Camat Siborongborong, Kades Parik Sabungan, Pengurus dan Anggota Kelompok Tani.

Photo liputan :

Tidak ada komentar: