"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Rabu, 06 Agustus 2014

PT AP II Sosialisasikan Rencana Pembebasan Lahan Pengembangan Bandara Silangit

Bupati Taput & Dir.Keuangan AP II photo bersama masyarakat
Rabu 6 Agustus 2014, PT Angkasa Pura II dengan mediasi dari Pemkab Taput sosialisasikan rencana pembebasan lahan pengembangan Bandara Silangit di Silangit kepada sebahagian besar para pemilik lahan.



Bupati Taput dalam sambutan mengatakan bahwa pembangunan berkelanjutan Bandara Silangit akan membawa dampak yang sangat signifikan kepada pertumbuhan ekonomi di Taput dan masyarakat Desa Parik Sabungan khususnya.

Lebih lanjut Bupati menyatakan bahwa dengan keyakinan itu pula maka dukungan dari semua pihak terlebih masyarakat pemilik lahan di sekitar bandara Silangit menjadi sangat penting, karena bandara membutuhkan lahan yang cukup luas untuk dapat didarati pesawat-pesawat berbadan besar.

Sementara Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II DR. Laurensius Manurung dalam dialog langsung dengan masyarakat pemilik lahan menyebutkan, bahwa PT AP II selaku BUMN akan menghargai pembebasan lahan masyarakat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, dengan demikian masyarakat pemilik lahan tidak akan pernah dirugikan oleh PT AP II.

Masih menurut DR. Laurensius Manurung, bahwa untuk penetapan harga tanah telah dihunjuk konsultan yang berkompeten untuk itu, dan telah melakukan penaksiran sesuai dengan lokasi dan kondisi lahan yang akan dibebaskan.  Adapun pembayaran biaya pembebasan lahan nantinya akan dilakukan melalui bank setelah kedua belah pihak sepakat dengan harga tanah yang akan dibebaskan.

Dr. Laurensius Manurung yang didampingi oleh Bupati Taput Drs. Nikson Nababan kepada pers menyampaikan bahwa PT AP II akan mengembangkan bandara Silangit hingga menjadi bandara tujuan wisata nomor dua terbesar di Indonesia setelah bandara Ngurah Rai Bali.

Lebih lanjut Dr. Laurensius Manurung menjelaskan, pada saat ini PT AP II telah menyediakan anggaran pengembangan bandara Silangit ± Rp.200M dengan peruntukan kepada pelepasan tanah, memperpanjang landasan pacu hingga 2750 m, pelebaran landasan pacu, pembangunan terminal, dan lainnya.

Pertemuan sosialisasi ini juga dihadiri Wakil Bupati Drs. Mauliate Simorangkir, M.Si, Kajari Tarutung Hotma Tambunan, Kasdim 0210/TU, mewakili Kapolres, Staf Ahli Bupati Marhite Rumapea, Asisten Sekda Taput Edward Ramses Tampubolon SE, beberapa Kepala Dinas dan Kabag Setdakab Taput.

photo liputan :

Tidak ada komentar: