"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Senin, 11 Agustus 2014

Pemkab Taput Bersama BPJS Cabang Sibolga Sosialisasi Sistem Jaminan Kesehatan Masyarakat

(Launching Kartu Peserta Jamkesda Taput)

Senin 11/8, Pemkab taput bersama-sama dengan BPJS Cabang Sibolga menyelenggarakan sosialisasi Sistem Jaminan Kesehatan Nasional di Aula Kantor Bupati Taput – Tarutung.



Kepala Dinas Kesehatan Taput dr. Bobby Simanjuntak dalam laporan penyelenggaraan menyebutkan bahwa pada tahun 2014 Kartu Peserta Jamkesda Kabupaten taput sebanyak 5000 peserta dan akan diserahkan kepada peserta dalam waktu secepatnya.

Sementara Kepala BPJS Cabang Sibolga dr. Kiki Chrismar Marbun dalam sambutan mengajak masyarakat Taput untuk menjadi peserta jaminan, karena dengan menjadi peserta terdapat jaminan bagi peserta untuk pelayanan kesehatan.

Terdapat banyak kemudahan bagi peserta BPJS, antara lain pengurusan kartu peserta BPJS tidak dikenakan biaya administrasi, dan pelayanan kesehatan di rumah sakit tidak dikeluarkan biaya kecuali peserta meminta untuk naik kelas pelayanan, demikian dr. Kiki menegaskan.

Bupati taput Drs. Nikson Nababan dalam bimbingan dan arahan menyebut beberapa poin perhatian antara lain bahwa fasilitas Jamkesda taput dikhususkan kepada masyarakat yang kurang mampu, selain itu Bupati mengharapkan bahwa pada tahun 2015 peserta Jamkesda Taput akan mencapai 10000-15000 peserta.

Sesuai dengan maksud dan tujuan serta kelompok sasaran Jamkesda Taput maka kepada Pimpinan SKPD yang bidang tugasnya menyangkut pendataan dan penataan masyarakat miskin agar melakukan tugasnya dengan baik dan melakukan pendataan secara riil, demikian ditandaskan Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa untuk peningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di Taput, maka beberapa langkah yang akan diambil dalam waktu yang segera antarta lain menyediakan fasilitas ruabng rawat inap di setiap Puskesmas, penambahan unit Puskesmas di setiap Kecamatan dengan memperhatikan jumlah penduduk dan jarak antar puskesmas serta tersedianya dokter di Rumah Sakit Umum Swadana Daerah Tarutung selama 24 jam setiap harinya.

Sosialisasi diakhiri dengan penyerahan Kartu Peserta Jamkesda Taput kepada peserta yang diwakili oleh 2 orang peserta per-kecamatan dari 15 kecamatan se-Taput.

Kegiatan sosialisasi ini juga dihadiri oleh Kapolres Taput, Dandim 0210/TU, mewakili Kajari Tarutung, Wakil Ketua DPRD Tasput, Plt. Sekda Taput, dan para Pimpinan SKPD Taput, serta Camat se-Taput.

Photo liputan :

Tidak ada komentar: