"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Senin, 18 Januari 2016

Bupati Taput Serahkan BLM, Alat Mesin Pertanian, Bus Sekolah dan Sepeda Motor

Senin, 18 Januari 2016. Dalam rangka mendukung peningkatan dan percepatan pencapaian sasaran pembangunan sektor pertanian dan pendidikan di Kabupaten Tapanuli Utara, Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan menyerahkan berbagai bantuan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Taput, UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Se-Kabupaten Taput dan Pihak Kecamatan Parmonangan bertempat di Balerong Pasar Kecamatan Parmonangan.

Bantuan yang diserahkan oleh Bupati meliputi Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) dari dana APBN TA. 2015 kepada Ketua Gapoktan di Kabupaten Tapanuli Utara; Alat Mesin Pertanian berupa Hand Traktor dan Mesin Pompa Air dari dana APBN-P kepada Ketua Kelompok Tani di Kabupaten Tapanuli Utara; Bus Sekolah dari Dana APBD Kabupaten Tapanuli Utara TA. 2015 kepada pihak Kecamatan Parmonangan dan sepeda motor kepada UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Se-Kabupaten Tapanuli Utara.

Kepada Kelompok Tani yang mendapat bantuan, Bupati dalam bimbingannya menyampaikan, bahwa dana ini merupakan sisa anggaran untuk pertanian yang akan disalurkan kepada masyarakat, mungkin hanya terdapat tiga kabupaten dari ratusan kabupaten yang ada di Indonesia yang mendapatkannya, Taput adalah salah satunya. Oleh karena itu bupati berharap dana itu dipergunakan dengan baik.

"Tujuan pemerintah pusat dan daerah adalah bagaimana caranya agar masyarakat petani sejahtera. Para Ketua Kelompok Tani harus punya hati dan nurani, ingat dana itu adalah uang rakyat, jangan punya pikiran untuk mempergunakannya sedikit pun kepada hal yang melenceng dari peruntukannya. Pakailah dengan baik, sejahterakanlah para petani" ujar Bupati.

"Kalau mau mewujudkan Taput sebagai lumbung pangan harus dua kali musim tanam, jika irigasi belum lancar jika bendungan belum ada ciptakan inovasi lain, jika tidak ada dana dari APBN yang bisa kita ambil, kita ambil dari APBD, saya berharap program-program yang kita buat berjalan dengan baik, jadi ini bukan hanya slogan-slogan semata, saya berharap apa yang saya katakan bisa kita wujud-nyatakan," lanjutnya

Bagi Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan mendapat bantuan sepeda motor, Bupati berharap agar dipergunakan dengan baik. "Jangan ada lagi alasan yang menyatakan tidak bisa angkot masuk ke sekolah hingga kami tidak bisa memeriksa sekolah. Jika ada permasalahan-permasalahan di sekolah cepat laporkan agar bisa saya periksa dan tindak lanjuti sebab banyak persoalan yang harus kita selesaikan," kata Bupati.

Terkait dengan pengadaan bus Sekolah Bupati mengatakan, pengadaan bus sekolah yang merupakan sarana mobilitas angkutan bagi siswa ke sekolah, khususnya bagi siswa yang tinggal jauh dari lingkungan sekolahnya dan di daerah terpencil. Dengan demikian dengan adanya bus sekolah ini, maka masa depan anak-anak di Kec. Parmonangan khususnya di daerah terpencil akan dapat terlayani yang nantinya hal ini menjadi komitmen Pemkab Taput di dalam meningkatkan akses pendidikan pada daerah terpencil di daerah ini.

Pada acara penyerahan bantuan ini, tokoh masyarakat Kecamatan Parmonangan memberikan cenderamata berupa ulos kepada Bupati Taput Drs. Nikson Nababan sebagai bentuk ucapan terimakasih.

Turut hadir dalam rombongan Bupati seluruh pimpinan SKPD dan Camat se-Kab Taput.

Photo liputan :

Tidak ada komentar: