"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Selasa, 24 Mei 2016

Berto Pasaribu Terpilih Ketua LADN Taput 2015-2020

Selasa, 24 Mei 2016.  Bupati Taput diwakili Sekretaris Daerah Edward R. Tampubolon dalam pidato pembukaan Musyawarah Daerah Lembaga Adat Dalihan Natolu dan Pemilihan Pengurus LADN Periode 2015-2020 di Aula Mini Kantor Bupati Taput mengajak LADN membangun dan mengembangkan adat Batak.


"Adat istiadat Suku Batak tercermin dalam Dalihan Natolu, telah tumbuh dan berkembang sepanjang sejarah selama berabad-abad, serta telah banyak memberikan sumbangan kehidupan masyarakat, perjuangan kemerdekaan dan Pembangunan Nasional, Daerah dan Desa. Untuk pengembangan adat istiadat Kebudayaan dan Kesenian suku Batak menunjang pembangunan di Bidang Kebudayaan maka sebagaimana dengan amanah Peraturan Bupati No 10 Tahun 1990 tentang Pembentukan Lembaga Adat Dalihan Natolu, Pembinaan dan Pengembangan Kebudayaan Daerah Di Kab.Tapanuli Utara, Lembaga Adat Dalihan Natoli mempunyai Tugas untuk melaksanakan berbagai usaha/kegiatan dalam menggali,memelihara,melestarikan dan mengembangkan kebudayaan daerah termasuk di dalamnya adat istiadat dan kesenian untuk Tujuan Pembangunan dan sifatnya konsultatif kepada pemerintah", sebut Bupati dalam sambutan.

Mengacu kepada Ketentuan dalam AD/ART LADN Taput  pemilihan Pengurus LADN Kab.Taput dilaksanakan secara Formateur.  Musyawarah Daerah menetapkan Formateur berdasarkan wilayah atau lunggu, dari Lunggu 1 (meliputi Kec. Tarutung, Siatas Barita, AdianKoting)  diwakili oleh MSB Hutagalung. Lunggu 2 (meliputi Kec. Sipoholon, Pagaran, Parmonangan) diwakili oleh  J. Nababan. Lunggu 3 (meliputi Kec. Siborongborong, Muara) diwakili oleh M. Sihombing/Pokki. Lunggu 4 (meliputi Kec. Sipahutar, Pangaribuan, Garoga) diwakili oleh Polmer Sinaga. Lunggu 5 (meliputi Kec.Pahae Julu, Pahae Jae, Purbatua, Simangumban) diwakili oleh K.Nainggolan.

Musyawarah Formateur  akhirnya Menetapkan Sususunan Kepengurusan LADN Kab.Tapanuli Utara Periode 2015-2020, yakni :
Ketua : Berto Pasaribu

Wakil Ketua : KAM Hutabarat, Jahirim Manalu, Maslan Sinaga, Rono Silam Sitompul,
Sekretaris : MSB Hutagalung,
Wakil Sekretaris : Bonar Lumbantobing,
Bendahara : Pardomuan Hutabarat,
Anggota :
- Kec.Tarutung : Ebsan Sinaga, Poltak Lumbantobing.
- Kec. Siatas Barita : Haposan Panggabean.
- Kec.Soborongborong : Manaek Sihombing.
- Kec.Pagaran : Djamengot Nababan.
- Kec. Sipahutar : AP.Simajuntak
- Kec. Pangaribuan : Saudara Gultom.
- Kec. Garoga : Monang Pasaribu
- Kec.Pahae Jae : Parlindungan Siburian.
- Kec.Pahae Julu : Tohonan Panggabean.
- Kec.Simangumban : Marulitua Ritonga.
- Kec.Purbatua : Masigol Sitompul.
- Kec.Adiankoting : M.Hutabarat.
- Kec.Muara : Hamonangan Sianturi.
- Kec.Sipoholon : Beheri Simanungkalit.
- Kec.Parmonangan : Anggiat Sihombing.

Bupati Taput dalam pidato penutupan Musyawarah Daerah LADN dan Pemilihan Pengurus LADN Taput Periode 2015-2015 menghimbau kiranya para pengurus yang baru terpilih agar melaksanakan Tugas dan Fungsi LADN sesuai dengan amanat Peraturan Bupati No 10 Tahun 1990 tentang Pembentukan Lembaga Adat Dalihan Natolu, Pembinaan dan Pengembangan Kebudayaan Daerah Di Kab.Tapanuli Utara, Membuat Program kerja di Tingkat Kecamatan dan Desa. Serta Kepada Bapemmas Pemdes Kab.Taput untuk memfasilitasi LADN Kab.Taput dalam tugas dan Fungsinya. Dalam waktu dekat Bupati Kab.Taput secara Langsung akan melantik para pengurus yang baru terpilih.

Sekda dalam pembukaan didampingi Ass Bidang Pemerintahan Drs. H. P. Marpaung, Kabag Pemmas dan Pemdes Eliston Lumbantobing, Kabag Kesra, Irwan Hutabarat dan Kabag Hukor Alboi.
Posting Komentar