"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Rabu, 15 Juni 2016

Tarutung Nominasi Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2016

Sekda Terima Penilaian WTN
Rabu 15 Juni 2016, Tim Penilai Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Kementerian Perhubungan RI melakukan ekspose penilaian penyelenggaraan kinerja sistem transportasi perkotaan di kota Tarutung ibukota Kabupaten Taput dihadapan Bupati yang diwakili oleh Sekda, Forkopimda, dan SKPD serta Camat diselenggarakan di Aula Kantor Bupati di Tarutung.

Ekspose penilaian WTN ini dilakukan setelah sehari sebelumnya (Rabu, 14 Juni 2016) Tim Penilai melakukan peninjauan lapangan di Tarutung terkait kinerja penyelenggaraan dan kinerja pelaksanaan sistem transportasi di Tarutung.  Penilaian mana menyangkut sistem lalu lintas dan angkutan kota yang tertib, lancar, selamat, aman, efisien, berkelanjutan dan menjamin ekuitas hak pengguna jalan.

Kadis HUBKOMINFO Taput Drs. Erikson Siagian dalam laporan sebelum ekspose dimulai menyampaikan, bahwa penilaian yang dilakukan meliputi perencanaan, pendanaan, kelembagaan dan peraturan perundang-undangan, sumber daya manusia, angkutan, prasarana, lalu lintas, lingkungan.

Bupati Taput diwakili Sekda dalam sambutan kepada tim menyampaikan bahwa penghargaan WTN bukan sasaran utama, tetapi sebagai instrumen peningkatan kerjasama semua elemen terkait termasuk masyarakat sebagai pengguna.

"Kami senantiasa berkomitmen untuk terus membenahi infrastruktur, mengupayakan sarana transportasi antar kecamatan, Pemkab Tapanuli Utara bekerjasama Polres Taput telah menetapkan Kawasan Tertib Lalu Lintas di Tarutung," urai Bupati.

Ketua Tim Penilai WTN Tarutung Elman Abbas.Msi dalam ekspose menyampaikan, bahwa penilaian WTN ini didasari kepada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 5 Tahun 2010 tentang Pedoman Pemberian Penghargaan Wahana Tata Nugraha dan Perdirjendhubdar No. SK.1905/KP.801/DRJD/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Penghargaan Wahana Tata Nugraha, dimana Tarutung ibukota Kabupaten Taput sebagai salah satu nominasi penilaian.

Berdasarkan penilaian tim, masih didapati beberapa poin yang menjadi PR bagi Pemkab Taput melalui Dinas Hubkominfo terkait sarana prasarana lalu lintas di kota Tarutung, diantaranya perbanyakan rambu penunjuk arah, rambu persimpangan, design dan penggunaan trotoar, tertutupnya rambu oleh iklan, angkutan kota parkir sembarangan menurunkan/menaikkan penumpang, pengguna roda dua tidak menggunakan helm, dan lainnya.

Tahun 2015 yang lalu kota Tarutung untuk pertama sekali ikut serta sebagai nominasi penghargaan WTN dan memperoleh penghargaan berupa Plakat WTN.

Sebagai tanda kasih, Pemkab Taput memberikan cendramata berupa ULOS kepada Tim Penilai, dengan harapan, terjalin komunikasi dan silaturahmi yang lebih intens antara Pemkab Taput dengan Kementerian Perhubungan dalam meningkatkan kinerja sistem transportasi perkotaan di seluruh wilayah Kabupaten Tapanuli Utara.  Penyerahan Ulos dilakukan oleh Ketua DPRD, Sekda, Mewakili Dandim, dan Mewakili Kapolre.

Turut bersama Sekda, Forkopimda Ketua DPRD Taput Ir. Ottoniyer Simanjuntak, Kapolres diwakili, Dandim 0210 Taput diwakili, Asistem Pemerintahan, Kadishubkominfo, Pimpinan SKPD, para Kabag Setdakab, Camat, perwakilan Organda Taput,

Photo liputan :

Posting Komentar