"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Jumat, 11 Mei 2012

MCAP dan MPLIK Jenguk Siswa SMP N 1 Pagaran

Siswa mencoba memahami
Jumat 11 Mei 2012 MCAP dan MPLIK melesat ke Desa Dolok Saribu Kecamatan Pagaran untuk menjenguk para siswa Kelas X dan XI SMP Negeri 1 Pagaran Kabupaten Tapanuli Utara. Kehadiran MCAP dan MPLIK ini sesuai dengan fungsinya, memberikan pembelajaran ringan tentang dunia teknologi informasi, khususnya tentang internet.


Kepala SMP Negeri 1 Pagaran Pantas Simamora, S.Pd yang menerima kehadiran Tim MCAP/ MPLIK menyatakan terkejut karena tidak menduga kunjungan ini, namun demikian tidak mengurangi maksud dan tujuan yang diharapkan, membuka cakrawala berfiki para peserta didik di seolahnya.

Setelah MCAP dan MPLIK dipersiapkan, para siswa mulai beraktifitas mencoba mengenali perangkat yang ada dihadapan masing-masing.  Hampir 80% dari siswa di sekolah ini masih belum pernah melakukan penjelajahan di dunia maya, tampak nyata bagaimana rasa khawatir dalam ketidaktahuan mereka akan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi ini.

Memahami kekurangan yang melekat dalam pengalaman penjelajahan internet ini, Tim MCAP/MPLIK mencoba mendampingi dan memandu para siswa agar dapat lebih memahami dengan baik dan benar tata cara pemanfaatan internet ini.

Sikap dingin yang ditampakkan para guru di sekolah ini dalam mengapresiasi kehadiran MCAP dan MPLIK sangat dirasakan oleh Tim MCAP/MPLIK, tampak para guru lebih memilih untuk melakukan aktifitas penjelajahan sendiri tanpa berupaya memberikan pencerahan kepada para anak didiknya yang masih jauh dari tertinggal mengenal teknologi informasi dan komunikasi.

Walau para guru mengambil opsi ini, namun tidak menyurutkan langkah Tim MCAP/MPLIK mendampingi para siswa, dan sebaliknya para siswa pun mencoba menyelami panduan ringan yang diberikan Tim MCAP/MPLIK.

Kaseksi Teknologi Sistem Informasi Subur Tampubolon yang dimintai keterangan oleh media ini menjelaskan, bahwa kehadiran MCAP dan MPLIK kali ini sangat terasa berbeda dibandingkan dengan ke sekolah-sekolah lain.  "Kehadiran kami kali ini bagaikan "Jelangkung", yang datang tak diundang dan pulang tak diantar", akunya.  Lebih lanjut Subur Tampubolon menyampaikan harapannya, sangatlah bijak apabila para guru yang telah mengecap penjelajahan di internet turut aktif memberikan perhatian yang serius menanggapi kehadiran MCAP/MPLIKdi sekolah masing-masing, sedemikian diharapkan para siswa akan lebih cepat dan mampu beradaptasi dengan perangkat yang digunakannya.

Sementara itu Kepala Bidang Informatika Dishubkominfo Kabupaten Tapanuli Utara yang turut berada di lokasi layanan kepada media ini, menyatakan bahwa telah menjadi tekad Bidang Informatika Dishubkominfo Kabupaten Tapanuli Utara memberhasilkan program layanan ini sebagaimana diharapkan dan diinstruksikan Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing kepada Tim, "memelekkan dunia pendidikan di wilayah Kabupaten Tapanuli Utara dalam bidang teknologi internet", sehingga kalau ada unit sekolah yang kurang apresiasinya atas kunjungan MCAP dan MPLIK di sekolahnya menjadi suatu petunjuk lemahnya pelaksanaan "Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah" di sekolah yang bersangkutan.

Photo-photo liputan :

Tidak ada komentar: