"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Rabu, 02 Mei 2012

Upacara Hari Pendidikan Nasional di Tapanuli Utara 2012

Bupati Taput Torang Lumbantobing salami para guru
Rabu, 02 Mei 2012 tepat pukul 10.00 wib diadakan upacara Hari Pendidikan Nasional di Tapanuli Utara bertempat di lapangan serbaguna Tarutung. Thema yang diangkat kali ini adalah “ Bangkitnya Generasi Emas Indonesia”.


Hadir dalam upacara Bupati Tapanuli Utara beserta Ibu, Wakil Bupati Tapanuli Utara, Ketua DPRD Tapanuli Utara, Sekretaris Daerah Tapanuli Utara, Kapolres Tapanuli Utara beserta Ibu, Kasdim 0210/TU,  Kajari Tarutung, Ketua Pengadilan Negeri Tarutung,para  Pimpinan SKPD Tapanuli Utara,para Guru Se- Tapanuli Utara, Kepala sekolah se- Tapanuli Utara, Siswa-siswi SD, SMP dan SMU.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam pidato yang dibacakan oleh Bupati Tapanuli Torang Lumbantobing selaku Pembina Upacara:

  • Pada periode tahun 2010 sampai tahun 2035 kita harus melakukan investasi besar-besaran dalam bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai upaya menyiapkan generasi 2045, yaitu 100 tahun Indonesia merdeka. Oleh karena itu, kita harus menyiapkan akses seluas-luasnya kepada seluruh anak bangsa untuk memasuki dunia pendidikan; mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai ke perguruan tinggi. Tentu perluasan akses tersebut harus diikuti dengan peningkatan kualitas pendidikan, sekalipun kita semua memahami bahwa pendidikan itu adalah sistem rekayasa sosial terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan, keharkatan dan kemartabatan.
  • Untuk mempersiapkan generasi emas tersebut, telah disiapkan kebijakan yang sistemiatis, yang memungkinkan terjadinya mobilitas vertikal secara masif. Untuk itu, mulai tahun 2011 telah dilakukan gerakan pendidikan anak usia dini, penuntasan dan peningkatan kualitas pendidikan dasar, penyiapan pendidikan menengah universal (PMU) yang insya Allah akan dimulai tahun 2013.

Selepas  upacara ditampilkan peragaan busana daerah, masing-masing  pakaian adat Batak Toba, Simalungun, Batak Karo, Dairi (Pakpak), Mandailing, Mandailing Angkola, Melayu, Nias, Minang, Jawa dilanjutkan dengan  tarian kolosal perwakilan SMA N 1 tarutung, SMA N 2 Tarutung, SMA Swasta Santa Maria, SMK N Siatas Barita, SMA N 1 dan 2 Siborong borong, SMA N 1 Sipoholon, SMA N 1 Pagaran, SMA Swasta HKBP 1 dan SMA Swasta HKBP 2 yang dikoordinir  oleh Candro Nababan siswa SMA N 1 Siborong-borong .

Dalam resepsi Hari Pendidikan yang dilakukan setelah upacara selesai, Ketua DPRD Tapanuli Utara dalam kata sambutan mengajak para guru agar “tetap bersemangat memberikan motivasi terbaik kepada anak-anak didiknya sehingga nantinya pendidikan dapat lebih maju, hari esok tidak kita ketahui,  anak-anak generasi bangsa inilah yang akan menjadi generasi penerus untuk membangun bangsa, jadikanlah anak didik ini menjadi generasi emas”.

Kapolres Tapanuli Utara dalam sambutan mengharapkan “generasi emas ini benar-benar menjadi emas unggulan, tentunya dengan peran serta bapak ibu guru dalam mendidik anak-anak didiknya agar tahun-tahun mendatang anak-anak generasi ini menjadi cemerlang”.   Peran serta guru dan orang tua yang saling bahu membahu menjadi satu-satunya upaya meningkatkan pendidikan untuk anak-anak bangsa, menumbuhkan mental terbaik buat mereka dan diharapkan guru dapat mendidik anak-anaknya seperti mendidik anak-anak kandung sendiri agar tercipta mental yang baik dan adanya ikatan yang baik antara guru dan murid untuk menjadikan anak-anak didik yang terbaik dan dibanggakan.

Sementara itu  Kasdim 0210 TU, mengucapkan terimakasih untuk guru yang begitu besar jasanya mendidik anak-anak didiknya, peran serta guru luar biasa untuk menjadikan anak-didiknya menjadi orang yang berguna.  anak-anak didik diajak untuk mengikuti  apa yang disampaikan guru untuk menjadi bekal menempuh pendidikan.

Sedangkan Kajari Tarutung  menyatakan anak-anak Tapanuli Utara adalah anak yang luar biasa, tarian kolosal yang ditampilkan sangat baik yang merupakan asset Tapanuli Utara.  Anak-anak ini hendaknya terus dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya, mereka adalah generasi yang handal.

Ketua Pengadilan Negeri Tarutung yang turut menyampaikan sambutan, mengucapkan terimakasih untuk jasa guru yang luar biasa dalam mendidik anak-anak muridnya, anak-anak didik diharapkan memperhatikan amanat guru, generasi emas adalah generasi yang tidak bisa luput dari terpaan badai dan teriknya matahari , diharapkan semakin cemerlang.  Peran serta orang tua dan lainnya tidak bisa terlepas untuk mendidik anak-anak dan menjadikannya generasi emas.

Terakhir dalam acara resepsi Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing meminta kepada hadirin yang hadir untuk lebih menyikapi dan memahami apa yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI sambil menyanyikan lagu Boru Panggoaran.

Photo liputan :

Tidak ada komentar: