"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Rabu, 30 Mei 2012

Siswa SMP N 6 Pangaribuan Sambut MPLIK

Senyum para guru
Rabu 30 Mei 2012 MPLIK Tapanuli Utara kembali menjelajah jalanan Kecamatan Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara, kali ini menuju desa Parsorminan I untuk mengunjungi siswa SMP Negeri 6 Pangaribuan.



Diterima Kepala SMP Negeri 6 Pangaribuan Nelson dan para guru pengajar, tim MPLIK Tapanuli Utara berupaya melakukan yang terbaik bagi para siswa.

Dalam aksi kali ini, para siswa tampaknya sudah beradaptasi tata cara penggunaan komputer, walaupun belum terbiasa dengan penggunaan internet, namun telah lebih mudah memahami proses kerja internet walaupun belum begitu dalam memahami optimalisasi penggunaan internet dalam mendukung proses pembelajaran yang sedang degeluti saat ini.

Keramahan dan kepedulian yang tinggi dan tanpa dibuat-buat dari segenap manajemen sekolah ini dalam menerima kehadiran MPLIK sangat besar pengaruhnya dalam mendukung proses interaksi para siswa mempergunakan sarana internet.  Para siswa tampak bersemangat tinggi untuk menjelajah dan bertanya kepada para guru dan tim MPLIK.

Dalam amatan media ini di lokasi pelayanan, bahwa ada kalanya sarana MPLIK mengalami kendala atau gangguan seperti terputusnya jaringan, lemahnya kekuatan signal, atau pun notebook (laptop) tidak terhubung ke server.

Tim MPLIK yang dimintai keterangan atas masalah MPLIK menjelaskan, bahwa kendala-kendala tersebut dimungkinkan terjadi sebagai akibat anomali cuaca (awan tebal) yang menghalangi antenna VSAT terhubung ke satelit, juga belum pahamnya para siswa akan mekanisme kerja komputer klien dengan server MPLIK.  Koneksi klien terputus ke server disebabkan ketidak tahuan para siswa akan fungsi atau kegunaan kabel data yang ada dihadapannya, hal mana kabel data tercabut dari portnya tanpa disengaja.

Masih menurut tim MPLIK, Generator Set sebagai penyedia catu daya listrik sering mengalami masalah, dimana catu daya listrik tiba-tiba terputus sebagai akibat breaker pada Generator tiba-tiba turun dari posisi on ke off.  Hal-hal seperti ini, oleh tim MPLIK dijelaskan akan dapat merusak bahkan mempercepat kerusakan setiap peralatan elektronik yang melekat pada MPLIK.

Lebih jauh tim MPLIk kepada media ini menyampaikan harapan, kiranya pihak penyedia aplikasi, perangkat keras dan jaringan MPLIK memiliki kepedulian yang tinggi dengan tindakan cepat dapat mengatasi berbagai kendala yang mungkin terjadi pada MPLIK, sehingga maksud dan tujuan program MPLIK dengan mottonya "Jangan biarkan yang terpencil semakin terkucil" dapat diwujudnyatakan.

Guru dan siswa pada SMP N 6 Pangaribuan ini masih belum merasa puas dengan kunjungan kali pertama MPLIK ke sekolah mereka, sedemikian, diharapkan MPLIK masih akan datng kembali dengan full fungsi, yang pada akhirnya dapat lebih meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa akan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (khususnya internet) dalam mendukung dan peningkatan mutu pendidikan di sekolah mereka.

Photo liputan :
Photo liputan : =

Tidak ada komentar: