"Bersama Membangun dan Mewujudkan Bona Pasogit Tapanuli Utara yang Sejahtera";
Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan Dan Lumbung Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

Selasa, 29 Mei 2012

MCAP dan MPLIK Tapanuli Utara Kunjungi SMP Negeri 1 Pangaribuan

MCAP/MPLIK dikerubuti siswa
Tak kenal lelah, itulah yang menjadi pedoman utama dari Tim MCAP/MPLIK Kabupaten Tapanuli Utara dalam upaya turut membangun mutu pendidikan di lingkungan pendidikan di Kabupaten Tapanuli Utara, secara khusus meningkatkan pengetahuan peserta didik di tingkat SMP, SMA dan SMK.


Selasa, 29 Mei 2012 kembali MCAP/MPLIK mendaki dan menjelajahi pengunungan bukit barisan Kecamatan Tarutung menuju Kecamatan Sipahutar untuk sampai di Kecamatan Pangaribuan tepatnya menuju kampus SMP Negeri 1 Pangaribuan.

Kehadiran MCAP/MPLIK telah ditunggu para siswa, tepat selesai apel pagi, MCAP/MPLIK memasuki kampus sekolah ini dan tim segera mempersiapkan saran prasarana pendukung operasional.  Tim diterima oleh Kepala SMP Negeri 1 Pangaribuan E. Simanjuntak didampingi para guru.  Setelah berbincang sejenak dengan manajemen sekolah, para siswa diperkenankan memulai aktifitas menjelajah di dunia maya untuk memperoleh berbagai data/informasi sesuai dengan kebutuhan mereka dan diatur secara bergilir oleh para guru pendamping.

Selain melakukan penjelajahan di dunia maya, para siswa diberikan juga kesempatan mengenal aplikasi yang terdapat pada komputer MCAP/MPLIK yang berbasis Linux, sehingga dengan itu diharapkan para siswa dapat mengenal fitur yang berbeda dari Microsoft Windows sebagaimana menjadi Mata Pelajaran dalam kurikulum dan sekaligus mempergunakanny.

Dalam bincang-bincang dengan para guru, Tim MCAP/MPLIK dapat mengetahui bahwa sekolah ini dimasa lalu telah memiliki nama harum, bukan hanya di lingkup kecamatan, pun lingkup Kabupaten dan Provinsi, namun beberapa tahun belakangan mengalami penurunan prestasi yang cukup drastis yang diakibatkan oleh berbagai hal.  Namun dibawah kepemimpinan Kepala Sekolah saat ini, semenjak diangkat pada April yang lalu, banyak harapan prestasi yang hilang akan dapat ditumbuhkembangkan kembali hingga kembali ke puncak prestasi terbaik, dan untuk itu sangat diharapkan dukungan dari semua pihak.

Pengamatan media ini di lapangan, tampak para siswa Kelas VII dan VIII sangat antusias mempergunakan waktu kunjungan MCAP/MPLIK, dan sebagaimana diakui oleh para siswa, kehadiran MCAP/MPLIK di sekolah mereka sangat besar artinya, karena siswa dapat mengakses berbagai informasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing dan terlebih karena para siswa tidak dibebani biaya akses.

Kepala Bidang Informatika Dishubkominfo Kabupaten Tapanuli Utara, Giotto Sormin yang dikonfirmasi  media ini menyampaikan, bahwa program pemelekan teknologi informasi dan komunikasi khususnya dunia internet kepada siswa akan terus berlangsung, hal mana karena menyadari ketertinggalan para siswa khususnya yang lokasinya jauh dari akses teknologi informasi dan komunikasi.

Masih menurut Giotto Sormin, program ini salah satu perhatian Bupati Tapanuli Utara, Torang Lumbantobing yang besar kepeduliannya kepada dunia pendidikan, bagaimana memajukan pendidikan yang melek teknologi, sedemikian, Tim MCAP/MPLIK Kabupaten Tapanuli Utara memberikan perhatian dan kepedulian serta aksi yang sangat serius memberhasilkannya.

Photo liputan :

1 komentar:

obyektif-magazine mengatakan...

Salam kenal dan salam persaudaraan. Semoga pengenalan internet berjalan lancar dan sukses. Saya tunggu kunjungan baliknya di: OBYEKTIF.COM trims.

Salam kompak:
Obyektif Cyber Magazine
(obyektif.com)